Facebook Ads, Berapa Modalnya Untuk Sukses ?

  • 2 min read
  • Jan 03, 2021
Hosting Unlimited Indonesia

Facebook Ads ? Berapa modal untuk menjalankan iklan di Facebook Ads ?, apakah mahal ?. Hal inilah yang banyak orang-orang tanyakan ketika mereka mencoba mengenal apa itu FB Ads. Pertanyaan yang lumrah, mengingat untuk bikin di Facebook, butuh modal. Namun, taukah kamu mahal tidaknya iklan tersebut, tergantung pada budget masing-masing. Sesuatu akan dikatakan mahal, apabila biaya iklan tidak sebanding dengan keuntungan yang kamu dapatkan.

Dalam dunia advertiser, istillah ini sering disebut dengan boncos. Entah dari mana asal muasal kata tersebut, tetapi kita dapat memahaminya dengan mudah sebagai kata ganti dari rugi. Inilah mindset pertama yang harus ditanamkan. Bahwa, kita tidak akan pernah tau mahal tidaknya sesuatu sebelum dicoba. Mari kita belajar kulit dari FB Ads.

Apa Itu Facebook Ads ?

Facebook Ads adalah dashboard iklan yang penyebarannya melalui aplikasi Facebook. Ada 2 jenis yang iklan Facebook di sini, yakni iklan Facebook yang bergerak layaknya tentara baris depan, dan yang bergerak layaknya sniper. Adapun iklan Facebook yang bergerak layaknya tentara baris depan, atau kurang terorganisir dengan baik dapat dicontohkan pada metode promosi saat kamu memiliki postingan di FP (FansPage) pribadi. Contoh seperti gambar di bawah ini;

Facebook Ads
Facebook Promote, sumber : arsip lautanit

Adapun jenis FB Ads yang banyak orang ingin kuasai tentu saja yang bertipe sniper. Tipe ini memungkinkan kamu untuk lebih mengorganisir target pemasaran lebih baik. Di Bagian inilah kamu akan dapat mengukur tingkat keberhasilan dari sebuah iklan, mulai dari berapa jumlah klik yang masuk WhatsApp (umumnya), dan berapa tingkat closing-nya. Bagian ini memungkinkan kamu melalukan retargeting pada pengguna Facebook yang telah melihat iklan kamu.

Jadi bisa saja pengguna tersebut telah melihat 2 kali iklan kamu setiap dia berselancar di Facebook. FB Ads akan sangat menguntungkan apabila kamu menguasai makna dari funnel marketing. Defenisi dari funnel marketing ini sendiri, admin dapatkan dari video Youtube mahirngiklan.com dan admin lainnya. Seperti inilah gambaran funnel marketing tersebut.

Facebook Funnel Marketing
Facebook Funnel Marketing, sumber : arsip lautanit

Kenapa Facebook ?

Layaknya proses “PDKT” dengan seorang wanita, maka langkah yang pertama yang haruskan dilakukan adalah membuat orang lain mengenal kita. Apabila dikaitkan dengan bahasa iklan, maka namanya adalah brand awareness. Bagian inilah yang paling ditekankan di fase cold. Implementasinya dapat dilakukan seperti sering posting edukasi mengenai produk yang kamu miliki di FansPage. Semakin rajin posting orang-orang akan makin memperhatikan. Umumnya fase ini menggunakan jenis iklan traffic.

Fase worm adalah fase di mana kamu sudah mulai berani mempromosikan produk kamu lebih beringas dari sebelumnya. Entah itu mulai dengan strategi diskon dan lain-lain. Namun, fase ini tingkat closing-nya masih jauh ketimbang fase hot. Fase hot adalah fase di mana Repeat Order tinggi, dan barang kamu menjadi terkenal oleh banyak orang.

Kenapa Kita Menggunakan FB ?

Dilihat dari funnel marketing yang ada, pastinya kita akan memahami bahwa Facebook Ads, digunakan bagi mereka yang ingin membangun bisnis jangka panjang. Meski butuh waktu yang cukup lama, namun hasil yang akan didapat ketika fase hot akan sangat memuaskan.

Selain itu, FB Ads, juga dapat langsung terkoneksi pada Instagram Ads, jadi kamu bisa membuat iklan di Instagram langsung dari Facebook.

Berapa Modal Awalnya FB Ads ?

Dengan modal minimal Rp.20.000 di e-pay atau kartu debit, kamu bisa mendapatkan iklan. Pembayaran FB Ads dapat dilakukan secara otomatis ataupun transfer manual. Yang jelas kamu dapat mengatur FB mengambil otomatis saldo yang ada ketika penagihan, ataupun tidak.

Kesimpulan

FB Ads adalah model marketing jangka panjang, tetapi juga bisa menjadi jangka pendek, tergantung dari jenis produk yang kamu iklankan. Apabila produk kamu memang jenis produk yang banyak dicari orang, kamu dapat langsung menuju fase hot dan pengaturan di facebook menggunakan iklan jenis konversi ataupun CBO (Campaign Budget Optimisation). Intinya di FB adalah tempat orang-orang mencari hiburan dan bukan cari produk, oleh sebab itu pendekatan funnel marketing tadi benar-benar dibutuhkan.

sumber : arsip lautanit, mahirngiklan.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *