Hapus Default App dan Aplikasi Pada Windows 100% Bersih

  • 2 min read
  • Dec 27, 2020
Hosting Unlimited Indonesia

Hapus atau lebih tepatnya Uninstall adalah kegiatan mencomot kembali aplikasi yang ada karena aplikasi tersebut tidak lagi digunakan. Siapa saja bisa melakukan uninstall, dan setiap aplikasi dapat diuninstall. Tidak terkecuali dengan aplikasi bawaan yang ada di OS Windows. Kita bisa mengaturnya agar tidak lagi digunakan. Dan alasan utamanya, tentu saja untuk menghemat ruang memori Windows.

Namun, taukah kamu ketika kita menguninstall aplikasi yang ada, masih ada file system dari aplikasi tersebut yang tertinggal di memori harddisk. Cobalah uninstall app, beberapa saja yang kamu miliki, dan kemudian cari di drive tempat dimana kamu menginstall aplikasi tersebut, semisal di drive C:. 

Sebagian atau bahkan semua aplikasi tersebut masih menyimpan data data aplikasi, walaupun hanya berukuran kecil.

Memang bagian sebagian orang, hal inilah bukanlah pengaruh besar. Tapi tidak jika kamu memang tidak ingin lagi menggunakan aplikasi tersebut, entah itu karena sudah crash ataupun memang bervirus.

Berikut adalah cara untuk mengakalinya ;

Revo Uninstaller Hapus Aplikasi Sampai Bersih

Revo Uninstaller adalah aplikasi yang akan kita gunakan. Aplikasi ini mampu digunakan untuk uninstall segala jenis aplikasi yang di sistem Windows. Baik itu yang berjenis app default maupun aplikasi dari pemasangan kamu sendiri.  Aplikasi ini tidak hanya menguninstall aplikasi yang ada, namun juga sampai menghapus entry registry oleh uninstaller program yang dimiliki.

Inilah yang dari tadi admin bicarakan. Terdapat tiga versi yang bisa kamu gunakan dan dua diantaranya adalah versi berbayar. Namun di sini admin akan lebih menerangkan versi yang gratis saja. Versi ini memungkinkan kamu scanning file setelah uninstall dilakukan (mencari data tertinggal), tersedia 8 additional cleaning tools, free professional Technical Support, dan uninstall windows apps.

Langkah-Langkah Menghapus Aplikasi Sampai Bersih

1. Install aplikasi tersebut seperti kamu menginstall sebuah game. Sebelumnya kamu bisa download Revo uninstaller pada link resminya. ini

News App, sumber : arsip lautanit

2. Tampilan di atas adalah tampilan awal Revo Uninstaller. Pilihlah aplikasi yang ingin kamu hapus. Semisal dari barisan menu bar Windows App, contoh News. Klik 2 kali, lalu pilih Yes, tanda kamu sudah yakin.

Error Prevention di Revo Uninstaller, sumber : arsip lautanit

4. Tunggu beberapa saat, Revo Uninstaller sedang membuat System Restore Point. Sebuah sistem yang dapat mengembalikan kita pada pengaturan semula.

Restore Point, sumber : arsip lautanit

5. Tekan tombol Select All pada semua Registry Items yang ada. Lalu tekan delete. Dan tunggu hingga selesai.

Hapus registry items
Registry Items, sumber : arsip lautanit

Kesimpulan

Aplikasi ini direkomendasikan bagi kamu yang ingin melapangkan memori desktop yang dimiliki. Aplikasi lebih powerfull dibanding program uninstall yang dimiliki oleh Windows sendiri.

sumber : arsip lautanit

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *