Atasi dan Antisipasi PC Lupa Password Dengan FlashDisk

  • 3 min read
  • Dec 19, 2020
Hosting Unlimited Indonesia

Atasi PC yang lupa password, check this out.

Lupa adalah kondisi yang semua orang pernah mengalami. Kondisi ini sangat manusiawi dan bukanlah masalah besar. Namun, apabila terjadi berulang-ulang maka pada akhirnya akan timbul masalah besar. Lupa akan membuat semua hal berantakan, tidak terkecuali dalam dunia teknologi. Lupa yang dimaksud adalah lupa password, dan tentu saja hal ini sangat merepotkan.

Apalagi jika lupa password tersebut terjadi di awal saat membuka perangkat berupa PC (Personal Computer) atau laptop yang kita miliki. Apabila begitu, maka cara yang paling banyak dilakukan adalah menggunakan Hiren’s Boot CD. Cara ini sangat efektif digunakan untuk PC (Personal Computer), karena memiliki CD-ROM tersendiri. Namun tidak untuk laptop, karena beberapa laptop bahkan tidak memiliki CD-ROM, seperti model Thinkpad.

Untuk itulah diperlukan cara lain seperti menggunakan Windows Safe Mode dan userkey.pw.

Windows Safe Mode Untuk Atasi Masalah

Windows Safe Mode adalah mode diagnostik yang menyediakan kita sebuah mode sederhana dari sebuah OS (Operating System). Program-program yang berada dalam mode ini tidak berjalan otomatis, dan PC hanya menggunkaan driver dasar saja.

Fitur ini dapat digunakan dengan menekan tombol F8, saat windows melalukan booting. Namun, kabarnya untuk Windows 10, fitur ini tidak lagi dapat digunakan dengan cara lama. Untuk dapat mengaksesnya melalui Windows 10 dari proses login, gunakan cara di bawah ini ;

  • Saat proses login, tekan tombol Shift lalu klik icon power yang muncul di layar.
  • Pilih opsi Restart, lalu pilih Choose and option.
  • Di bagian tersebut pilih secara beruntun dari Troubleshoot, Advanced Options, Startup Settings, lalu terakhir Restart.
  • Setelah akan terdapat 3 pilihan Safe Mode, yakni versi standar, With Networking, dan With Command Prompt.

Berikut perbedaan di antara ketiga Safe Mode di atas ;

1. Safe Mode standar hanya menyajikan fitur dengan versi standar, dengan menghentikan semua program kecuali driver yang penting saja. Safe Mode jenis ini menjadi yang teraman di antara 3 jenis Safe Mode, karena memutuskan koneksi ke perangkat lain.

2. Safe Mode with Networking, sama seperti sebelumnya, namun dilengkapi dengan driver network.

3. Safe Mode with Command Prompt, fitur Safe Mode dengan layar command prompt.

Userkey.pw

Userkey.pw adalah sebuah file yang bertindak sebagai penyimpanan password dan dapat digunakan untuk reset password. Artinya sistem bertindak layaknya akun sosial media yang ingin diganti passwordnya namun user telah masuk kedalamnya. Apabila di sosial media seperti Facebook misalnya maka kita akan kembali diminta untuk memasukkan password yang lama.

Nah, kebanyakan dari kita lupa password lama tersebut, dan tentu saja masalah ini akan lebih merepotkan jika terjadi pada PC kamu. Adapun penggunaan userkey.pw ini, setau penulis masih untuk reset password OS Windows. Userkey.pw lebih diperuntukan sebagai langkah antisipasi yang lebih ampuh.

Langkah-Langkah Atasi Lupa Password

Tutorial penulis gunakan pada Windows 10, dan terbagi atas dua langkah besar, yakni atasi lupa password dengan Windows Safe Mode dan dengan Userkey.pw. Berikut adalah langkah-langkahnya;

Menggunakan Windows Safe Mode Untuk Atasi Lupa Password

1. Nyalakan perangkat kamu atau restart jika perangkat tersebut masih menyala.

2. Tekan tombol F8 saat proses booting, atau jika tidak bisa, lakukan cara lain seperti yang sudah diterangkan pada bagian deskripsi Windows Safe Mode

windows safe mode, sumber : arsip lautanit

3. Pilih bagian Safe Mode, lalu buka Control Panel. Beralih tepat pada menu Account > Manage Account, Change Password, dan masukan password yang gampang diingat. Bila perlu catat di note smartphone kamu.

4. Simpan, kemudian restart kembali, dan login menggunakan password yang baru

Menggunakan UserKey.pw Untuk Atasi Lupa Password

1. Perbedaan cara ini dengan Windows Safe Mode, adalah cara ini menggunakan akun yang ada yang memang terjadi lupa password untuk kemudian direset, sedangkan cara sebelumnya adalah menggunakan akun lain dengan password yang baru.

2. Pasang flashdisk ke perangkat kamu, lalu buka Control Panel >> User Account. Klik pada bagian Create a password Reset Disk. Gunakan fitur pencarian jika tidak ketemu.

user accounts, sumber : arsip lautanit

3. Klik next lalu sesuaikan dengan nama Drive FlashDisk kamu. Next, masukkan password yang sekarang sedang digunakan

proses mulai, sumber : arsip lautanit
password reset, sumber : arsip lautanit

4. Tunggu beberapa saat, jika selesai maka file userkey.pw akan ada di flashdisk kamu.

langkah atasi dan antisipasi
password, sumber: arsip lautanit
atasi lupa password
Proses, sumber : arsip lautanit

5. Flashdisk bisa digunakan saat lupa password. Saat bagian login Windows, pasangkan flashdisk.

langkah terakhir atasi password yang lupa
file tersimpan, sumber : arsip lautanit

6. Pilih Reset Password, dan flashdisk akan terbaca secara otomatis, lalu klik next dan pilih Removable Disk atau USB Flashdisk.

7. Masukkan password yang baru beserta dengan hintnya. Klik next, dan tunggu beberapa saat hingga kamu bisa menekan tombol finish.

8. Restart perangkat kamu dan gunakanlah password baru tersebut.

Kesimpulan

Cara pertama menggunakan windows safe mode sangatlah ampuh, namun kamu karena windows yang digunakan adalah safe mode tentu saja ada beberapa driver yang tidak lengkap. Kamu diharuskan untuk menginstall kembali driver yang digunakan sebelumnya. Daripada cara pertama, admin lebih mengutamakan cara kedua.

Lakukan artikel ini sebagai langkah atasi dan antipasi ketika kejadian bukan mengharapkan kejadian dan sengaja berulah agar kejadian. Jika tidak berhasil maka bisa gunakan Hiren’s Boot CD sebagai langkah alternatif untuk atasi lupa password.

Baca juga artikel admin di inwepo.co

sumber : arsip lautanit

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *