Mengartikan Situs Bahasa Asing Di Android Dan Windows

  • 2 min read
  • Nov 29, 2020
Mengartikan situs asing
Hosting Unlimited Indonesia

Mengartikan situs bahasa asing di Android dan Windows sangatlah mudah. Meskipun bahasa asing yang paling sering dijumpai hanyalah bahasa inggris. Tapi, banyak diantara kita yang masih belum nggeh. Hal ini tentu sedikit menganggu, mengingat situs berbahasa inggris banyak menyajikan informasi yang lebih up to date. Terutama situs-situs teknologi luar negeri, seperti techradar.com, MITtechnologyreview.com, macworld.com, tomshardware.com, gizmodo.com, dan lain-lain.

Wajar saja, karena domisili perusahaan mereka ada di pusat teknologi dunia, Amerika Serikat. Dan tak jarang, berita yang terbit dari mereka menjadi inspirasi terbitnya berita teknologi di negara lain, tak terkecuali Indonesia. Nah, tentunya membaca sumbernya langsung dari orang pertama lebih menyenangkan, ketimbang orang kedua.

Google Translate

Google Translate, adalah fitur dari google yang sangat overpowerfull, untuk mengartikan suatu bahasa, termasuk dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Namun, banyak orang yang berpikir bahwa google translate memiliki keakuratan yang kurang.

Awalnya admin juga berpikir demikian, namun ternyata faktor keakuratan lebih kepada pengguna sendiri. Maksudnya lebih kepada pengguna yang memasukan kata-kata untuk diterjemahkan. Kata-kata yang disusun menjadi kalimat tersebut haruslah komprehensif.

Agar keyakinan akan keakuratan tersebut bertambah, gunakan fitur pengecekkan grammar dari grammarly.com. Fitur dari google inilah yang menjadi alat tutorial kita.

Langkah-Langkah Mengartikan Situs Bahasa Asing.

Admin akan membagikan langkah-langkahnya untuk 2 jenis perangkat, dekstop dan mobile. Terlebih dahulu adalah versi mobile. 

Mengartikan Situs Asing Versi Android

  • Buka situs berbahasa inggris yang kamu inginkan melalui browser semisal chrome. Di sini admin membuka situs mittechnologyreview.
  • Setelah itu tekan tombol titik tiga yang ada pada pojok kanan atas. Pilih tepat pada bagian translate. 
  • Tekan Indonesia, dan seketika situs tersebut akan berubah menjadi Bahasa Indonesia.
Google Terjemahan untuk mengartikan
Langkah utama, sumber : arsip lautanit
  • Untuk dapat mengatur Bahasa lain yang diinginkan, tekan tombol titik tiga di samping, lalu pilih more languages.
  • Lalu pilih Bahasa yang dinginkan.
Ganti Penerjemah Bahasa
Ganti bahasa, sumber : arsip lautanit

Menerjemahkan Situs Di Windows

  • Untuk versi desktop (Windows), cara yang digunakan cukup ribet. Kamu diharuskan terlebih dulu, untuk mendownload extension Google Translate. Download saja di sini
  • Ada banyak extension terjemahan yang bagus, namun kita memiliki Google Translate karena cara penggunaan dan hasil terjemahan yang sudah akurat. Gunakan fitur pencarian ya.
Memilih Google Translate Untuk Mengartikan
Pencarian, sumber : arsip lautanit
  • Download, dan setujui extension jika menemukan sebuah pop up. Admin telah menginstallnya
Google Terjemahan
Download, sumber : arsip lautanit
  • Setelah selesai, buka situs berbahasa asing yang ingin kamu terjemahkan. Block kalimat yang diinginkan, lalu pilih google translate.
Block yang ingin diartikan
Block, sumber : arsip lautanit
  • Browser akan secara otomatis membuka laman google translate, dan memberikan kamu terjemahan kalimat yang diblock tadi.
Hasil Terjemahan
Hasil, sumber : arsip lautanit

Kesimpulan

Google Translate adalah fitur terjemahan (mengartikan) dari google yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Dengan catatan bahwa kalimat yang diinputkan memiliki nilai komprehensif tinggi, atau bisa dipahami. Ditambah dengan grammarly.com, proses terjemahan Bahasa Indonesia menuju Bahasa Inggris pun semakin akurat. Mungkin beberapa orang mengalami masalah ketika download extension dan selalu error.

Admin akan membahas pada artikel yang akan datang.

sumber : arsip lautanit.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *