PemFormatan Harddisk Di Linux ? Mari Kita Pelajari

  • 3 min read
  • Oct 28, 2020
Pemformatan Harddisk
Hosting Unlimited Indonesia

Belajar pemformatan harddisk merupakan salah satu materi pembelajaran siswa TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dalam koridor Kurikulum 2013 atau K13. Meskipun sekarang sedang gencar dibicarakan Kurikulum Darurat, tetap saja pembelajaran mengenai harddisk tidak boleh terlewatkan. Harddisk adalah media penyimpanan file bersifat hardware yang paling sering disebut bersamaan dengan flashdisk (flashdrive).

Salah satu ilmu yang berkaitan dengan harddisk adalah disk formatting. Kita dapat memahaminya dengan kata lain yakni pemformatan harddisk. Tentu saja penformatan harddisk yang dimaksud dilakukan di sistem operasi ciptaan Linus Torvalds, Linux.

Mari baca artikel sampai habis..

Apa Itu Pemformatan Harddisk

Dimulai dari Harddisk, harddisk adalah media penyimpanan file bersifat hardware. Termuasuk ke dalam jenis non-volatile memory. Harddisk mulai dikenal sebagai komponen standar penyimpanan komputer di tahun 1960-an. Adapun kompetitor utama dari harddisk adalah SSD (Solid State Drive). 

Kamu dapat membaca perbedaan antara kedua sekaligus memahami tipe-tipe harddisk pada artikel sebelumnya. Kita akan mempelajari apa itu harddisk pada artikel khusus mendatang.

Dalam awal memahami harddisk, maka kita akan mengenal disk formatting. Sebuah proses penataan ruang harddisk. Terbagi atas 2 jenis pemformatan. 2 jenis penformatan tersebut adalah low level (fisik) dan high level (logikal).

Jenis Pemformatan Harddisk

Pemformatan tingkat rendah berfokus pada disk yang dibagi menjadi beberapa trek, sektor dan silinder. Pemformatan jenis ini diperlukan untuk pengujian disk dan deteksi sektor-sektor kosong. Jenis format ini sudah sangat jarang dilakukan oleh end user. 

Prosesnya lebih banyak dilakukan oleh perusahaan manufaktur.

Selanjutnya adalah penformatan tingkat tinggi. Penformatan ini bekerja dengan sistem file seperti NTFS, FAT, ataupun Ext.

Mengenal Berbagai Sistem File

Sebelum mengenal berbagai sistem file, kenali terlebih dahulu apa itu sistem file dalam harddisk. Sistem file merupakan suatu sistem yang diterapkan pada suatu partisi atau media penyimpanan untuk pengaturan penyimpanan file pada partisi tersebut. Konsep yang terdapat didalamnya adalah struktur dan aturan informasi logikal.

Berikut adalah beberapa jenis sistem file;

NTFS (New Technology File System)

NTFS adalah hasil pengembangan Microsoft dan pertama kali dikenalkan pada sistem Windows NT 3.1. Sampai sekarang NTFS, adalah sistem file default yang digunakan pada sistem operasi Windows.

Di dalam NTFS terdapat beberapa fitur yang diantaranya adalah;

Symbolic Links. Memungkinkan sistem file untuk menyimpan satu informasi dengan nama yang berbeda-beda.

NTFS Log. Digunakan untuk menjaga keutuhan struktur data dengan kemampuanya yang otomatis menyimpan perubahan yang dilakukan pada partisi.

Volume mount points. Memungkinkan untuk adanya link ke partisi lain yang sedang diakses.

Volume shadow copy. Ditujukan untuk melakukan backup otomatsi saat user melakukan modifikasi file.

Quota. Memungkinkan administrator untuk mengalokasikan harddisk ke masing-masing user. 

Memuat 255 karakter UTF-16 untuk nama file. Untuk kedalam path dalam mencapai 32.767 karakter UTF (Unicode Transfomation Format)-16.

Dikelola oleh sistem cluster. Untuk cluster 64KB (Kilo Byte) sekitar 256TB (Tera Byte). Cluster sendiri adalah unit yang bertugas sebagai pembentuk suatu file atau folder.

FAT (File Allocation Table)

Sama seperti NTFS, FAT juga termasuk produk pengembangan Microsoft. Sistem file ini banyak digunakan pada floppy disk, memory card, flash memory card, flashdrives ataupun perangkat penyimpanan lepas pasang.

Ext (Extended File System)

Merupakan file system yang sering dijumpai di Linux, dan dikembangkan pertama kali oleh Remy Card.

Adapun fitur yang dimilikinya adalah (Ext 4);

High Compability. User dapat membaca partisi ext2 dan exr3 pada driver untuk ext4.

Persistent pre-allocation. Dapat membuat file kosong yang file kosong ini banyak digunakan pada database ataupun aplikasi streaming.

Subdirektori yang tidak terbatas.

Fast Checking. Karena sistem file memuat bentuk blok yang tidak digunakan  dengan tanda khusus, sehngga blok tersebut dapat diabaikan.

Perintah Operasi PemFormatan Harddisk

Setelah mengetahui apa itu harddisk dan sedikit seluk beluknya, maka saatnya kita untuk belajar beberapa perintah berkaitan dengan sistem file. 

OperasiNotasi Penulisan Contoh
Formatmkfs -t tipe partisi

atau

mkfs .* partisi

Tipe : jenis tipe sistem file
Partisi : media penyimpanan yang akan diformat
mkfs .* : digunakan untuk menentukan jenis sistem file yang digunakan
mkfs -t ext4 /dev/sdb1

atau

mkfs.ext4 /dev/sdb1
Cek partisifcsk partisi

Digunakan untuk mengecek keadaan partisi
fcsk /dev/sdb1
Mountmount partisi /lokasi/akses

/lokasi/akses adalah direktori tempat akses pengisian partisi yang akan dimount.
Peirntah digunakan untuk akses file pada satu partisi. Apabila belum ada direktori maka ditambah dengan mkdir
mount /dev/sdb1 /mnt/usb1

atau

mkdir /mnt/usb1
Unmountunmount partisi

Merupakan kebalikan dari perintah mount sebelumnya
unmount dev/sdb1 /mnt/usb1

Kesimpulan

Disk formatiing atau pemformatan harddisk adalah materi belajar wajib bagi anak-anak Teknik Komputer Jaringan. Hal ini diperlukan agar siswa mengetahui pengelolaan manajemen memori basis harddisk. Adapun harddisk sendiri merupakan media penyimpanan bersifat non-volatile memory. 

Catatan, beberapa fitur dari jenis-jenis sistem file pastinya telah meningkat seiring berjalannya waktu atau versinya yang diupgrade. Baca terus artikel mengenai TKJ di lautanit.com. Jangan lupa untuk follow instagram KAMI

sumber di bawah :

Pranata, Kadek Surya. 2013. Sistem Operasi Jaringan Untuk SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Jakarta : Kementrian Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik & Tenaga Kependidikan.

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *