Mengetik Dokumen Tanpa Menggunakan Tangan

  • 2 min read
  • Oct 25, 2020
Hosting Unlimited Indonesia

Mengetik dokumen adalah kegiatan wajib yang dilakukan apabila bekerja di dunia perkantoran. Pada awal mulanya mengetik dilakukan dengan mesin TIK. Perkembangan teknologi memaksa mesin TIK untuk segera ditinggalkan. Tidak bisa dihapus adalah alasan utama mengapa orang-orang mulai beralih pada media digital, seperti komputer maupun laptop. Jaman dulu aplikasi ketika didominasi oleh WordStar, lihat ulasan lengkapnya di sini.

WordStar booming hingga tahun 1990-an dan akhirnya mati. Ada banyak alasan mengapa WordStar akhir mati, salah satu di antaranya adalah performa WordStar yang kurang bagus di PC IBM. Sebagaimana kita tau, masa IBM  (International Business Machine) adalah raja dalam dunia hardware.

Sampai akhirnya WordStar, digantikan oleh perangkat lunak buatan Microsoft, yakni Microsoft Word. Aplikasi yang termasuk ke dalam paket lengkap aplikasi induknya yakni Microsoft Office. Tetapi dari jaman mesin TIK, WordStar, hingga Microsoft Word, semua pengetikkan dilakukan dengan tangan.

Sebenarnya ada cara lain mengetik tanpa menggunakan tangan, yakni dengan suara.

Lalu bagaimana caranya ?

Langkah-Langkah Mengetik Tanpa Tangan

  • Persiapkan terlebih dahulu microphone dengan kualitas yang memang baik. Alat ini digunakan untuk menginput kan suara ke dalam komputer.
  • Buka Speech Recognition. Admin menggunakan Windows 10, caranya tekan tombol Windows, lalu ketikkan Speech Recognition. Cara yang hampir sama berlaku untuk versi Windwos 8 dan 7.
  • Install. 
  • Pilih tipe microphone yang akan digunakan.
sumber : arsip lautanit
  • Di sini admin memilih other, lalu next dan menggunakan settingan default.
sumber : arsip lautanit

 

sumber : arsip lautanit
  • Aplikasi perekam suara dari Windows akan muncul. Untuk merekam tekan tombol pada icon microphone. Buka aplikasi untuk menulis dokumen semacam Word dan mulailah untuk berbicara. Jika sudah matikan rekaman tersebut.
Langkah mengetik dengan suara
sumber : arsip lautanit
  • Untuk mengganti bahasa, segera beralih pada Speech Settings dan aturlah bahasa sesuai yang diinginkan.
Mengetik tanpa tangan
sumber : arsip lautanit

Kesimpulan

Cara ini akan sangat efektif apabila microphone dan sistem audio laptop kamu tidak bermasalah. Catatan penting, untuk bersuara lantang agar laptop atau komputer yang digunakan tidak salah mengartikan suara yang diinput. Cara ini juga dapat dilakukan untuk mengetes performa microphone perangkat kamu.

sumber : arsip lautanit

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *