UX Writer, Apa Itu? Mari Kita Kenalan..

  • 3 min read
  • Oct 11, 2020
UX Writer
Hosting Unlimited Indonesia

Apa itu UX Writer ?. Mungkin sebagian dari kita sudah familiar dengan kata writer yang berarti penulis. Sebuah profesi yang sangat ini banyak diidam-idamkan kaula muda. Meskipun terdengar remeh, namun pekerjaan ini banyak dicari-cari perusahaan besar. Writer akan diletakkan untuk bekerja sama dengan content creator. 

Tugas writer lebih dari sekedar menulis. Semua orang memang bisa menulis, namun tidak semua orang bisa menulis dengan baik. Writer atau bisa disebut content writer, harus memiliki basic skills  di bidang kepenulisan.  basic skills tersebut mencakupi pemahaman kaidah 5W (What, Who, Why, Where, When) + 1H (How). Riset dari pustaka, wawancara, observasi lapangan dan lain-lain.

Dan terpenting adalah paham apa itu SEO (Search Engine Optimazitation). Ada banyak sekali jenis writer. Writing-world.com merilis ada 20 jenis writers. Academic writers, columnist, copy writer, ghostwriters, game writer, grant writer, novelist, poetry writer, dan lain-lain. Kamu dapat membaca makna 20 jenis writer tersebut di sini.

Sayang, link tersebut tidak menjelaskan apa itu UX Writer.

Mari kita bahas mendalam…

Mengenal UX Writer…

Kita akan mengenal UX Writer langsung dari UX Writer bernama Aulia Rahmani dari sebuah podcast Kartiniteknologi. Seorang Lead UI/UX Designer di Alterra. Alterra sendiri adalah perusahaan teknologi Indonesia yang fokus pada ekosistem billing dan teknologi pembayaran.

UX Writer berasal dari dua kata yakni UX (User Experience) dan writer. Dua kata ini memberikan kita sedikit hipotesis apa itu UX Writer. Yakni, seseorang yang mampu menuliskan atau menjelaskan pengalaman user yang didapat atau akan didapat terhadap suatu produk dalam bentuk konten berupa artikel.

Namun, perlu digaris bawahi bawahi, konten yang dibuat tidaklah sesederhana itu. Diperlukan tulisan yang mampu menggambarkan bentuk desain dan interaksi, sehingga user dapat mengerti apa yang harus dilakukan. Pekerjaan di posisi ini belumlah diketahui oleh banyak orang, tetapi sangat menjanjikan.

Tugas Seorang UX Writer

Aulia menjelaskan bahwa banyaknya ketidaktauan publik akan posisi ini disebabkan karena kurangnya kepedulian user pada sistem, how it looks, how it works terkhusus dalam bidang dokumentasi. Posisi ini membantu user untuk mengenal lebih dekat sistem yang ada.

Adapun tugas seorang UX Writer meliputi crafting copy yang mampu memberikan user sebuah panduan tanpa membuat user tersebut merasa dipandu. Buat kamu yang belum tau apa itu crafting, crafting adalah istillah untuk konten yang memiliki nilai menarik dan user mau membaca ataupun melakukan instruksi dalam konten tersebut.

UX Writer dalam suatu perusahaan akan sangat membantu posisi copy writer. Hal ini dijelaskan oleh pewawancara Kiki, yang kadang kebingungan mengenai alur konten yang dirancang.

Writer jenis ini bahkan dapat melebihi ruang lingkup kerjanya dengan terlibat dalam proses advertise, storyline dan penghubung antara user, designer dan programmer.

Alur Kerja Penulis Jenis UX

Work Flow writer jenis ini pastinya berbeda-beda disetiap perusahaan. Aulia menjelaskan, bahwa work flow writer ini di Alterra tidak berdasarkan business. Alur akan didapatkan setelah melakukan riset Cosh of Delay dari produk-produk yang ditawarkan. Apabila produk tersebut memiliki value yang sangat besar, maka produk tersebut akan dikerjakan terlebih dahulu.

Adapun perpindahan pekerjaan dari tim UX menuju designer dibarengan dengan hasil riset produk. Jika terdapat riset sebelumnya yang sama terkait produk tersebut, maka riset tersebut dapat digunakan atau ditambahkan beberapa poin.

Agar designer UI dan tim UX memiliki kesamaan ide, maka diperlukan penentuan style guide. Style guide inilah yang akan menentukkan bagaimana tampilan seperti side bar, navbar, toggle bar, warna dan layout halaman per halaman produk.

Proses kemudian akan berakhir pada testing. Adapun pengujian dapat dilakukan dengan metode alpha atau beta testing. Perbedaan keduanya adalah;

  • Pengujian alpha adalah pengujian yang dilakukan sendiri oleh pengembang menggunakan sudut pandang sebagai pengguna.
  • Pengujian beta, adalah proses uji  yang dilakukan langsung oleh pengguna

Yang Perlu Disiapkan Untuk Jadi Penulis UX

Aulia menekankan bahwa kemampuan paling dasar yang harus dimiliki adalah kemampuan mereka dalam membuat tulisan.

Kesimpulan

UX Writer adalah penulis yang membuat tulisan mengenai user experience suatu produk agar user dapat dengan mudah mengerti apa yang harus dilakukan di produk tersebut. Tugasnya dapat melebar hingga terlibat dalam proses pengembangan.  Adapun kemampuan dasar yang harus dimiiliki adalah terlatih dalam membuat tulisan. Nantikan terus artikel menarik lautanit.com lainnya ya.

sumber : kartiniteknologi.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *