Teknologi Multimedia Adalah Teknologi….

  • 3 min read
  • Sep 25, 2020
Matkul Teknologi Multimedia
Hosting Unlimited Indonesia

Teknologi Multimedia, adalah salah satu mata kuliah prodi Sistem Informasi yang ada di Universitas Ahmad Dahlan. Mungkin saja di prodi Sistem Informasi kampus lain juga ada. Lalu apa sih sebenarnya Teknologi Multimedia tersebut ?. Kita akan membahas defenisi pengantar lengkapnya di sini.

Defenisi Teknologi Multimedia

Multimedia terdiri dari dua kata dasar yakni multi yang berarti banyak, dan media yang berarti alat untuk menunjukkan sesuatu/informasi. Bila kita coba menggunakan cocokologi kita, maka multimedia adalah alat untuk menunjukkan infromasi dalam jumlah/cara yang beragam (banyak). Jenis informasi dari alat yang digunakan penyampaian informasi ada 5.

Kelima jenis informasi tersebut adalah teks, gambar, audio, video, dan animasi. Kelima jenis informasi inilah yang menjadi nyawa multimedia. Kita akan membahas satu per satu nyawa multimedia ini nanti.

Jadi, Teknologi multimedia adalah teknologi yang memadatkan unsur-unsur multimedia, yakni teks, gambar, audio, video, dan animasi menjadi satu paket penyampaian informasi.

Salah satu contoh teknologi multimedia adalah power point dari Office. Kita dapat menampilkan informasi dari 5 jenis informasi sekaligus dengan PPT. PPT bahkan dapat dikatakan sebagai multimedia interaktif. Mengapa ? karena dapat melibatkan end user untuk mengatur apa yang akan dikirimkan.

Perlu diingat bahwa tidak semua teknologi multimedia dapat menjadi multimedia interaktif. Seperti web lautanit.com ini misalanya. lautanit.com dapat dikatakan sebagai teknologi multimedia, namun tidak interaktif. lautanit.com akan menjadi multimedia interaktif apabila pembaca dapat dengan mudah merubah konten didalamnya.

lautanit.com dapat dikatakan sebagai multimedia linear atau pasif. Sedangkan PPT dapat disebut sebagai multimedia nonlinear atau interaktif.

Ada banyak contoh dari teknologi multimedia, kamu dapat menemukannya dalam keseharian. Yang pastinya, teknologi multimedia tersebut dapat mempresentasikan informasi untuk pendidikan, pelatihan, pemasaran termasuk iklan, demo produk, database, dan lain-lain.

Perlu diketahui, PPT juga termasuk ke dalam multimedia authoring tools, atau aplikasi pembuat teknologi multimedia.

Elemen-Elemen Teknologi Multimedia

Teks, Elemen Pertama Teknologi Multimedia

Bagian pertama dari elemen multimedia ini telah lama digunakan untuk menggambarkan informasi di masa lalu terutama tentang suatu peradaban. Sekitar 6.000 tahun yang lalu Bangsa Mesopotamia, Mesir, Sumeria, dan Babilonia menggambarkan keberedaan mereka dengan menulis tanda piktografik di sebuah batu. Pesan yang disampaikan saat itu, berupa peraturan politik kebangsaan atau sejenisnya. Penulisnya tidak sembarang orang, yakni hanya mereka yang berada di kelas penguasa.

Tulisan-tulisan mereka sampai saat ini masih bisa ditemukan. Masih terdapatnya prasasti-prasasti tersebut menjadi bukti betapa teks sangat erat hubungannya dengan informasi.

Hubungan tersebut kian menguat dengan perkembangan teknologi di masa masa awal internet. Teknologi di dalam internet yakni WWW (World Wide Web) menggunakan Hypertext Markup Language, sebagai bahasa programnya. Sebuah teks yang dapat bertindak sebagai anchor/jangkar menuju link file/website lainnya.

Apabila kamu sudah belajar pemrograman dasar websitemaka kamu akan tau bahwa yang dimaksud adalah tag <a>. 

Dalam memilih sebuah teks sebagai informasi, diperlukan sebuah kejelian. Kejelian untuk penempatan teks di bagian judul, menu, ataupun navigasi. Kejelian juga harus ditanamkan ketika menjadikan teks sebagai media periklanan. Berikan makna yang jelas dapat menggambarkan bahwa teks tersebut akan melakukan apa.

Mempelajari teks dalam sebuah website erat hubungannya dengan keywords, dan akhirnya akan menuju SEO (Search Engine Optimazitation). Perlu diketahui, bahwa simbol juga merupakan bagian dari teks.

Gambar, Elemen TekMul Yang Biasa Menemani Teks

Elemen ini dapat juga disebut sebagai elemen grafis. Biasanya berupa gambar 2 dimensi atau sebuah ilustrasi. Elemen yang dipilih untuk menggambarkan informasi berjenis partikular seperti sebuah diagram. Gambar yang dipilih sebagai penggambaran informasi haruslah benar-benar mewakili sebuah makna. Gambar menjadi elemen yang sering kali dipasangkan dengan teks.

Contohnya adalah ketika kamu membuat sebuah powerpoint, maka kamu pasti akan menggabungkan 2 elemen multimedia ini. Meskipun mudah, namun perlu juga kejelian penempatan teks dan juga gambar agar makna tersampaikan.

Gambar dapat diproduksi manual maupun digital, seperti teks dan elemen multimedia lainnya.

Nantinya kamu akan lebih memahami betapa pentingnya arti sebuah gambar dan teks (simbol) ketika telah mempelajari Analisis Desain Sistem Informasi.

Audio, Elemen TekMul Sensual

Audio-lah yang dapat menjadikan kita lebih menikmati sebuah pertunjukkan yang sedang dilihat. Menjadikan kita lebih meresapi suasana yang terjadi. Seperti itulah pentingnya sebuah audio. Meskipun, juga tidak sedikit orang-orang yang menyukai pertunjukkan “bisu” seperti pertunjukkan pantomim dan sejenisnya seperti Charles Chaplin.

Audio diproduksi dari sebuah getaran dan di multimedia, dapat berupa nada bicara, efek audio, dan musik.

Video, Elemen TekMul Yang Powerfull

Video, animasi dan audio, menjadi elemen multimedia yang paling disenangi oleh banyak orang. Elemen ini adalah teknologi menangkap, merekam, memproses, mentransfer, dan merekontruksi sebuah gambar bergerak. Video juga lebih mengarah kepada urutan gambar yang realistis ataupun live recording.

Animasi, Elemen TekMul Yang Berbeda Jenis Dengan Video

Animasi adalah sebuah presentasi yang kelihatan seperti hidup. Kunci dari elemen ini adalah sebuah efek motion, seperti wipes, fades, zoom, dissolves, dan lebih banyak lagi. Prinsip animasi adalah phi, fenomena biologis dari fokus mata dalam melihat suatu objek. Objek yang terlihat dipetakan secara kimiawi di retina mata untuk waktu yang singkat setelah dilihat.

Satu hal penting yang harus kamu ingat, bahwa jangan pernah menyebut video animasi, karena kedua bukanlah satu tetapi berbeda.

Kesimpulan

Itulah pengantar yang admin telah informasikan. 5 elemen multimedia ini akan dibahas secara lengkap masing-masing pada artikel yang akan datang. Masih banyak yang bisa dibahas seperti jenis font, apa itu BitMap, Vector, MIDI (Musical Instrumental Digital Interface), frame, GIF (Graphics Interchange Format), 3 dimensi, jenis aplikasi yang digunakan, dan lain-lain.

Jadi, jangan bosen untuk terus menunggu artikel terbaru dari lautanit.com ya.

sumber :

Vaughan, Tan. 2015. Multimedia : Making It Work. 8nd  Ed. United States: McGrow Hill Companies.

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *