PUBG Resmi DiLarang Di India, Apakah Karena Haram ?

  • 3 min read
  • Sep 05, 2020
PUBG Mobile
Hosting Unlimited Indonesia

Berita menyedihkan datang dari kalangan pecinta game battle royal survival, PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds), di India. PUBG, resmi dilarang oleh pemerintah India, bersamaan dengan 116 aplikasi buatan China lainnya. Apakah penyebab PUBG dilarang ?, apakah karena game ini “haram” ?. Mari kita cari tau bersama di dalam artikel ini..

Sekilas tentang PUBG

Berdasarkan kepanjangan dari PUBG, yakni PlayerUnkwon’s Battlegrounds, maka setiap pemain tidak tau bagaimana keadaan di medan perang. Artinya, kamu bisa berhadapan dengan musuh kapan saja. Dimulai dari terjun dari pesawat, lalu kamu diharuskan untuk mencari perlengkapan perang secepatnya. Jika tidak, maka kamu bisa jadi sasaran empuk lawan.

Sistem permainan sendiri adalah last man standing, atau siapa yang bisa bertahan sampai akhir dialah pemenangnya. Mode permainan dalam PUBG ada dua, yakni solo dan grup. Lawan yang dihadapi sekitar 100 orang. Agar lebih seru, terdapat batas waktu yang akan membuat zona lingkaran putih mengecil.

Setiap pemain yang diluar zona tersebut, akan kehabisan darah lalu mati.

Meskipun PUBG dikenal sebagai produk dari Tencent, China, namun creator-nya berasal dari Irlandia. Creator berjasa besar itu bernama, Brendan Greene.

Alasan PUBG DiLarang

Ada banyak teori dari pelarangan PUBG, PUBG Lite, dan PUB Mobile. Namun, terdapat 2 teori kuat mengapa PUBG dilarang.

Murni Alasan Keamanan Negara.

Ada yang mengatakan bahwa pelarangan ini murni untuk keamanan negara. Tidak hanya PUBG saja, sudah ada 116 aplikasi China lainnya yang dilarang. Pemerintah mengatakan bahwa langkah ini diambil untuk menghindari kerugian kedaulatan integritas india.

Menghindari kelemahan pertahanan, keamanan dan kerusakan ketertiban umum di India. Bahkan, perusahaan teknologi terkenal dunia, Google dan Apple telah menghapus game ini dari Play Store dan App Store india. Perlu diketahui bahwa, India adalah negara yang terkenal sebagai pencetak teknorat hebat dunia.

Di Google, ada nama Sundar Pichai sebagai CEO (Chief Executive Officer), dan di Apple ada nama Sabih Khan, Senior Vice President, Operations.

Sebab Keadaan Politik Yang Memanas

Perlu diketahui bahwa dalam beberapa minggu terakhir keadaan politik India dan China sedang panas. Namun, mamamatapolitikmengatakan bahwa benang merah masalah ini telah ada sejak 2008. Saat itu China merespon langkah India yang membangun jalan beberapa ratus kilometer ke pangkalan udara dengan memasang tenda serta memindahkan alat berat di wilayah yang dianggap India sebagai pemilik.

Tentara dari kedua belah pihak bentrok di Ladakh, dan terjadi pada dua kesempatan. Lokasi bentrokan terjadi di lembah Galwan, Hot Springs, dan Danau Pangong.

Saat itu situasi masih bisa mereda, setelah kedua belah pihak menegaskan tak ada baku tembak selama 4 dekade terakhir.

Namun, India disinyalir memancing keributan dengan China usai meningkatkan infrastruktur di wilayah lembah Galwan.

Menurut militer China, India telah memaksa mereka masuk ke lembah Galwan. India mengubah status quo di sepanjang LAC, dan membuat China marah. Begitulah penjelasan Presiden Chengdu Institute of World Affairs (CIWA), Dr. Long Xing kepada BBC.

Agustus tahun lalu, India yang secara kontroversial menghapus otonomi terbatas pada Jammu dan Kashmir, membuat peta ulang wilayah tersebut. Dalam pemetaan ulang tersebut, terdapat wilayah Aksai Chin, wilayah China yang diklaim oleh India.

Awal tahun, China geram terhadap India yang melarang semua ekspor peralatan medis dan pelindung untuk stok setelah pandemi Covid-19.

Teori kedua ini, mimin dapat katakan sebagai sebab dari teori pertama. Karena sejatinya semua aplikasi adalah berbahaya, jika arti bahaya tersebut adalah “hanyalah menyimpan data pengguna”.

Dampak Pemblokiran PUBG

Pemblokiran PUBG oleh India ini sangat berdampak bagi pundi-pundi keuntungan Tencent. Sebesar 2% saham dagangnya di bursa Hong Kong turun setelah resmi banned di India. Untuk yang sudah menginstal aplikasi ini, maka di India, game tersebut tidak akan terhubung ke server.

Alternatif yang disediakan untuk memenuhi hasrat rakyat india pada game battle royal, dapat disalurkan di FAU-G, (Fearless And United: Guards). Pengembang game ini adalah nCore Games, dan akan dimentor oleh bintang Bollywood Akshay Kumar.

Apakah ini berpengaruh pada keadaan PUBG di Indonesia ?

Sampai saat ini belum ada pengaruh dari pemblokiran PUBG di India terhadap PUBG di Indonesia. Tetapi, game ini mendapatkan julukan sebagai game haram di Indonesia, setelah MPU (Majelis Permusyawaratan Ulama) Aceh mengeluarkan fatwanya.

Sebenarnya saat itu, game haram tidak hanya berlaku untuk PUBG saja, namun juga untuk game sejenis, seperti Free Fire.

Kesimpulan

PUBG adalah game bergenre batlle royal buatan Tencent, China. Game ini menjadi game yang laris dimainkan. Tidak hanya PUBG, versi lite serta mobile-nya banyak digandrungi oleh orang-orang Indonesia. Begitu juga dengan India, namun sekarang India telah resmi memblokir segala jenis PUBG. Teori kuat pelarangan ini adalah teori keadaan politik yang memanas.

sumber : indiatvnews.com, matamatapolitik.com, pubgmobile.gcube.id

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *