Snake Case, Camel Case, Kebab Case, All Caps Adalah..

  • 2 min read
  • Aug 26, 2020
Code Case
Hosting Unlimited Indonesia

Snake Case dan Camel Case adalah dua jenis penulisan kode program yang paling sering kita jumpai. Seperti namanya, cara penulisan kodenya melambangkan binatang. Snake Case membuat gaya penulisan kode seperti bentuk ular, sedangkan Camel Case membuat gaya penulisan kode seperti bentuk unta.

Kebab Case, artinya penulisan kode dengan gaya seperti membentuk kebab. Pascal Case adalah gaya penulisan yang diadopsi dari Pascal. All Caps, gaya penulisan kode seperti orang yang lagi marah, CapsLock. Mari kita bahas lebih dalam satu persatu di lautanit.com

Snake Case

Snake, sumber : bbc

Code Case ini mengkombinasikan kata-kata dengan spasi yang diganti dengan tanda underscore (_). Jika huruf pertama ditulis bukan dalam bentuk kapital, maka huruf-huruf lain, haruslah sama. Dengan demikian, penulisan kode semacam ini dapat disebut dengan snake case.

Notasi penulisannya menjadi seperti ini;

Penulisan semacam ini sering digunakan dalam pemrograman PHP, terutama dalam penulisan variabel. Contohnya seperti $ambil_data, $hapus_data, dan lain-lain.

Camel Case

Camel, sumber : unsplash.com

Penulisan kode dengan mengkombinasikan kata, dengan semua huruf pertama dari kata kedua adalah kapital dan begitu juga dengan kata berikutnya. Kapitalisasi tidak berlaku untuk huruf kedua dan seterusnya. Pengertian camel case ini memberikan kita gambaran jelas tentang notasi penulisan.

Penulisan model camel ini sering digunakan programmer untuk pemrograman JavaScript. Contoh dalam penulisan atribut id. Seperti id=”artikelKeren”, id=”artikelTeknologiTerbaru”, dan lain-lain.

Kebab Case

Metode kebab hampir sama dengan snake case, hanya saja pemisah antara katanya berupa dash (-). Penulisan kode ini banyak dijumpai di alamat URL (Uniform Resource Locator), suatu website. Dari beberapa literatur yang admin baca, banyak yang mengatakan bahwa gaya seperti ini mirip dengan nama makanan, yakni kebab.

Admin merasa bahwa kebab yang dimaksud adalah kebab sate.

Notasi penulisannya;

Pascal Case

Pascal, sumber : recursos.march.es

Code Case ini adalah penulisan kode yang hampir sama dengan camel case, namun huruf pertama dari kata pertama juga diharuskan untuk dikapitaliasi. Sering digunakan unuk konveksi pendeklarasian kelas, dalam banyak bahasa pemrograman.

Notasi penulisan;

All Caps

All Caps, Snake Case
Capslock, sumber : howtogeek.com

Semua dengan namanya, penulisan kode menggunakan kapital pada semua hurufnya. Gaya penulisan ini sering digunakan untuk konstanta, gunanya untuk membedakannya dengan variabel. Contoh DATABASE, URL_STRING, dan lain-lain.

Notasi penulisan;

Kesimpulan

Berbagai penulisan kode ini semuanya dapat digunakan. Admin merasa bahwa kelemahan dan kelebihan masing-masing gaya penulisan kode tergantung pada programmer. Namun beberapa gaya penulisan memang memiliki kecocokan dengan beberapa bahasa pemrograman. Seperti All Caps, untuk penulisan konstanta.

4 penulisan kode ini hanya beberapa dari banyak gaya penulisan kode. Alfredforum.com, dalam suatu diskusinya menjelaskan 7 codecase untuk penulisan nama variabel.

Snake Case and other code case
Codecase, sumber : Alfredforum.com

sumber : medium.com (Patrick Divine, Better Programming), duniailkom.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *