Fakta Tersembunyi Sejarah Hacker Di Dunia

  • 6 min read
  • Aug 16, 2020
Fakta Menarik Hacker di Dunia
Hosting Unlimited Indonesia

Hacker, sebutan bagi orang yang melakukan peretasan pada suatu sistem. Berdasarkan fakta, hacker telah ada semenjak perkembangan teknologi di mulai. Sangat-sangat jauh sebelum peristiwa Wednesday’s Hack  yang dialami oleh Twitter. Alat yang digunakan oleh hacker sendiri umumnya adalah komputer. Perangkat teknologi yang disebut oleh Gordon Corera dalam bukunya Cyber Spies, alat yang terakhir untuk mematai-matai.

Koresponden keamanan untuk BBC News sejak 2004 itu mengatakan komputer pertama diciptakan secara rahasia untuk pekerjaan intelijen. Semua komputer yang tergabung ke dalam jaringan komputer bekerja secara unik untuk vulnarability, untuk kemudian di sabotase. Buku itu mengungkapkan cyber-spionage, secara luas.

Selain buku penting dari Gordon tersebut, admin juga akan membedah buku dari hacker terkenal dunia akhir abab 20, Kevin D Mitnick. Buku tersebut berjudul The Art Of Intrusion, The Real Stories Behind the Exploits of Hackers, Intruders & Deceivers.

Penasaran fakta-fakta tersembunyi apa saja tentang hacker. Cari tau di sini

Fakta Sebenarnya Dari Pengertian Hacker

Hacker adalah istillah bagi seseorang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, serta menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer. Bertujuan untuk mendapatkan keuntungan keuangan atau motivasi tantang dari diri sendiri. Pada awalnya, hacker tidak mengandung sedikitpun stigma negatif. Seseorang yang disebut hacker, adalah mereka yang punya kemampuan lebih dalam bidang komputer.

Terminologi sebutan hacker, muncul di tahun 1960-an di antara organisasi mahasiswa di MIT (Massachusetts Institute of Technology). Organisasi tersebut bernama Tech Model Railroad Club. Stigma negatif muncul ketika datang orang-orang iseng yang menyebut diri sebagai hacker. Alasan mereka didasari atas kemampuan mereka melakukan phreaking. Phreaking sendiri adalah istillah untuk telepon palsu.

Hacker (yang baik) menyebut mereka sebagai cracker. Jadi perlu diingat, cracker adalah sebutan bagi mereka yang berbuat jahat. Namun, sepertinya istillah hacker yang awalnya baik, telah hancur dibuat cracker. Namun untuk memudahkan saja, admin tetap menyebutnya sebagai hacker / hacker jahat / hacker baikCracker termasuk kata-kata yang jarang didengar.

Fakta Jenis-Jenis Hacker

Hacker dapat digolongkan menjadi 8 jenis berdasarkan tujuan dan pelakunya. 8 jenis hacker tersebut adalah black hat, white hat, gray hat, spy hacker, script kiddies, cyber-terrorist, dan state-sponsored hacker. Admin akan menjelaskannya satu persatu.

Black Hat

Black hat bukanlah istillah untuk hacker yang melakukan aksinya dengan memakai topi hitam. Melainkan sebutan bagi hacker jahat. Tujuannya adalah merusak dan menyerang jaringan keamanan dari suatu sistem.

White Hat

White hat adalah panggilan untuk hacker yang baik. Tujuan hacker ini adalah untuk memperkuat jaringan komputer, dengan mencari celah-celah keamanan yang ada pada sistem. Setiap perusahaan berbasis teknologi apalagi yang sudah punya nama, pasti memilikinya.

Gray Hat

Tipe ini tidak memiliki tujuan yang pasti. Kita akan tau bahwa hacker ini jahat atau baik, bila sudah mengetahui hasil peretasan yang dilakukan.

Spy Hacker

Hacker jenis ini memiliki tugas yang sama dengan jenis hacker sebelumnya. Perbedaannya adalah tugas utamanya adalah untuk mematai-matai.

Script Kiddies

Jenis hacker yang dampak serangannya tidak separah jenis hacker sebelumnya yakni black hat. Pelakunya sangat bergantung pada kemampuan tools yang digunakan. Kebanyakan dari mereka juga tidak terlalu ahli dalam penguasan ilmu jaringan komputer. Oleh sebab itulah penggunaan tools bagi mereka adalah wajib.

Cyber-Terrorits

Hacker yang tujuannya untuk menyerang suatu sistem negara. Motif yang dilakukan biasanya adalah politik kekuasaan dan isu-isu sosial. Mereka bekerja bersama dengan hacker-hacker jahat lain, sembari dilindungi oleh pergerakan teroris atau anggota bersenjata tidak resmi.

State-Sponsored Hacker

Bila cyber-terrorits, adalah hacker jahat yang didukung oleh teroris untuk menyerang keamanan negara. Maka state-sponsored hacker, adalah hacker baik yang bertujuan mengamankan data negara. Mereka bekerja dengan sokongan pemerintah.

Fakta-Fakta Hacker

Admin telah mengumpulkan beberapa fakta menarik mengenai kejadian-kejadian hacker di dunia. Beberapa diantara berkaitan dengan jenis-jenis hacker, bila kamu memahaminya. Fakta yang dikemukakan juga tidak melulu berkaitan dengan kejahatan hacker, namun juga tentang dunia cyber. Berikut adalah litsnya

Kematian Hacker ISIS Jihadi John

Jihadi John adalah sebutan yang dibuat sendiri oleh Mohammed Emwazi. Ia adalah teroris kejam yang telah membunuh sandera sandera ISIS (Islamic State of Iraq Syria) yang berasal dari Amerika dan Inggris. Peristiwa itu terjadi sekitar 6 tahun yang lalu, dan ia membuat video lalu menyebarkannya. Butuh waktu yang cukup lama untuk Amerika melacak Jihadi John. Lamanya proses pelacakan dikarenakan kemampuan John dalam menggunakan teknologi. Ia ahli dalam menghapus keberadaan lokasi teknologi yang digunakan.

Setahun kemudian, Amerika berhasil memusnahkan John Jihadi dalam serangan US drone, November 2015.

Hacker GOP Bocorkan Skenario Film Yang Akan Tampil

Sepertinya kejahatan pada umumnya, hacker jahat juga punya beragam motif kejahatan. Seperti yang dilakukan GOP (Guardians of Peace). Peretas sistem komputer Sony Picture, itu membocorkan film produksi ke internet. Salah satunya adalah film James Bond Spectre. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2014.

Rusia Siapkan Cyber Weapons

Gordon mengungkapkan dalam bukunya, bahwa NATO (North Atlantic Treaty Organization) dan beberapa negara barat mendukung Rusia dalam integrasi cyber dalam proses operasi informasi. Langkah ini diambil sebagai proliferasi dan eskalasi kemampuan serangan cyber.

Fakta Hacker Dari Kalangan Pesulap Kalahkan Guglielmo Marconi

Teknologi yang pertama kali diretas adalah teknologi telegraf yang diciptakan oleh, Guglielmo Marconi. Cerita berawal saat saat Marconi terlalu yakin akan keamanan bahwa teknologi sangat aman. Gelombang telegraf tidak bisa ditembus dan didefinisikan secara sempit untuk orang-orang khusus. Marconi mengatakan itu meskipun Eastern Telegraph Company, telah memasang penyadap di pantai Porthurno.

Pantai tersebut berada diantara lintasan radio Marconi yakni lintasan Atlantik. Eastern Telegprah Company, khawatir bahwa teknologi itu tidak aman. Marconi seketika membantahnya, dengan bersiap melakukan demonstrasi telegraf yang pertama. Kesal, perusahaan mengutus seorang pesulap untuk membuktikan anggapan Marconi salah.

Juni 1903, di Royal Institution, tim Marconi yang seharusnya menerima pesan balasan dari Cornwall, justru mendapatkan kata “rats” yang di tulis dengan kode morse. Selain kata itu, terdapat pula pantun jenaka bertemakan ras dan bangsa Marconi dari Italia.

There was a young fellow of Italy

Who diddled the public quite prettilly

Fakta, Komunikasi di Hack, Salah Satu Alasan Jerman Kalah di World War II

Ilmuwan Inggris, yakni Alan Turing jadi salah satu orang yang akan dikenal oleh Jerman sebagai benalu. Alan Turing, banyak berjasa dalam proses dekripsi sandi enigma Nazi. Ia menciptakan mesin dengan namanya sendiri yakni Universal Turing Machine. Mesin canggih itulah yang telah banyak membantu Alan dalam pekerjaannya.

Selain Alan, terdapat pula nama John Tiltman. Ia bertugas untuk memecahkan kode sinyal dari Rusia, salah satu yang bersekutu dengan Jerman di Perang Dunia II. Sama dengan Alan, Tiltman juga menciptakan kontribusi penting dalam melawan Jerman. Melalui alatnya yang bernama Colossus, tim berhasil memutus kode komunikasi Jerman.

Setelah perang dunia, Tiltman memutuskan bekerja di Britains’s Goverment Communications Headquarters sebelum pindah ke American’s National Security Agency, sebelum akhirnya pensiun pada tahun 1980.

Fakta Membuktikan Bahwa Penjara di Texas Pernah di Hack

Cerita ini berawal dari 2 tahanan muda yang sedang dalam masa penangguhan hukuman mati. Keduanya memiliki ketertarikan yang sama dalam bidang kompiter. Takdir kemudian mempertemukan mereka dan mulailah sebuah rencana jahat disusun. Kedua pemudah tersebut adalah William Butler dan temannya Danny.

Di dalam penjara William mengetahui bahwa kehidupan akan berubah drastis. Kekerasan antar para napi dan dari petugas harus siap dihadapi. Untuk dapat meneguhkan hatinya William memiliki aturannya tersendiri;

“I basically lived now how you had to live in there. I’m just 5’10’ and i was probably 255. But it wasn’t just about being big, it’s a mindset that i was not a weak person and i was nobody to be taken advantage of. I carried myself like that. Inside, if anybody perceives any weakness, then they take advantages of it. I didn’t lie, I didn’t chat about other people’s business, and don’t ask me about my business because  i’ll tell you to get f..ked.

Danny and I both did time on though units. You know what I’m saying-gladiator units. Where you had to fight all the time. So we didn’t give a shit about guards or nobody. We would fight at the drop of a hat or do whatever we had to do.”

Danny, temannya sudah lebih dulu dan bahkan lebih lama merasakan pahitnya penjara. Ia dipenjara 20 tahun di Unit Wynne, Huntsville, Texas, bersama William. Awal mula mereka bertemu dengan mesin komputer, adalah ketika mereka ditugaskan di pekerjaan klerikal di Kantor Perhubungan.

I started to work on an Olivetti typewriter with a monitor and a couple of disk drives. It ran DOS and had a little memory. I messed around trying to learn how to use it”.

Lanjut Baca

Sembari terus mengasah kemampuan dengan memperdalam mesin Olivetti tersebut, Denny menemukan instruksi manual untuk lebih cepat memahami dBase III. Kegigihannya dalam belajar menjadikan dia berhasil membuat program pelacakan pengiriman produk pertanian penjara ke penjara lain.

Keahlian ini membuat status Danny naik pangkat. Dia dikirim menjadi pekerja di kantor pengiriman dengan trailer di luar pagar, menyiapkan pesanan kiriman untuk truk makanan. Naik pangkat inilah yang menjadi langkah awal rencana pembobolan penjara.

Dia terus dipromosikan, hingga akhirnya mengurus beberapa hardware, termasuk merakit dan memperbaiki yang rusak. Danny sangat terampil sekaligus licik. Dia dapat dengan mudah mengatur mudah mesin dengan konfigurasi yang tidak seharusnya.

Datangnya William ke unit Wynne membuka jalan lebar untuk rencana Danny. William berhasil mendapatkan castle keys dengan cara menukarnya dengan barang lain. Bersama dengan Danny, William bekerja sama dengan membuat komputer pelarian dengan beberapa komponennya merupakan curian dari rak di trailer Pertanian.

Mereka seperti dibantu oleh penjaga dalam melancarkan aksinya. Jika menyambungkan dalam teori sekuritas komputer, maka apa yang mereka lakukan adalah tepat seperti social engineering.  Cerita ini cukup panjang, singkat cerita, mereka beberapa kali memainkan komputer penjaga dengan mengganti layarnya, bermain game dengannya, dan melakukan pemotongan telepon jaringan.

Kesimpulan

Masih banyak lagi kisah-kisah atau fakta- menarik mengenai hacker. Kamu dapat menemukan berbagai cerita ini dari orang-orang yang memang memiliki banyak pengalaman dalam bidang keamanan komputer. Ya, Gordon Corera dan Kevin D. Mitnick adalah orang-orang yang memiliki banyak dokumentasi kejahatan cyber. Di lain waktu, admin akan mengungkapkan beberapa kisah atau fakta menarik tentang hacker hasil beda buku dari Kevin D Mitnick dalam artikel yang baru.

Silahkan ditunggu ya 🙂

sumber :

Mitnick, K.D & Simon, W.L.2005. The Art Of Intrusion The Real Stories Behind the Exploits of Hackers, Intruders & Deceivers. Indianapolis:Wiley Publishing.inc

Correra, Gordon. ~. Cyber Spies The Secret History of Surveillance, Hacking, And Digital Espionage. London:Pegasus Books.

CEH Module

Hosting Unlimited Indonesia