JavaScript Kode Dasar Untuk Pemula Tahap 2

  • 2 min read
  • Jul 16, 2020
JavaScript
Hosting Unlimited Indonesia

Tahap kedua dari pembelajaran JavaScript ini akan memberikan kepada kamu tentang variabel dan konstanta. Sebelumnya, kita telah mengetahui cara menjalankan kode JavaScript. Cara tersebut adalah inline, internal, dan external. Adapun penggunaan variabel dan konstanta pada artikel sebelumnya, terdapat pada model external JavaScript. Kamu dapat melihatnya kembali pada tahap 1.

Lantas apa itu variabel dan konstanta dalam JavaScript?

Mari kita bahas…

Pengertian Variabel JavaScript

Variabel dapat diartikan sebagai penampung dari sebuah data. Dalam di dalam variabel dapat berubah-berubah sesuai kode program. Variabel harus diberi agar dapat diakses oleh kode JavaScript. Cara paling umum untuk menulilskan nama variabel adalah dengan menyertakan perintah “var” lalu nama variabelnya.

Contohnya var angka;

Di tahap pertama, kita akan mendapati contoh lain seperti;

var tombol dan var hasil,

Variabel dapat diisi dengan berbagai macam tipe data, bahkan object sekalipun. Agar kamu dapat mengisi variabel dengan data-data tersebut, gunakanlah tanda =.

Contoh kode..

Kode console.log, digunakan untuk menampilkan angka 192, pada tab Console – Web Developer tools. Kita dapat mempersingkat kode di atas dengan langsung menempatkan nilai pada variabel. Bila dilakukan akan menjadi var angka = 192;. JavaScript memiliki variabel yang bersifat Typeless Programming Language.

Yang dimaksud TPL adalah variabel JavaScript bisa bernilai apa saja dan diubah menjadi bentuk lain sepanjang kode program. Perhatikan contoh di bawah;

Perhatikan bahwa variabel kata yang awalnya berbentuk string dengan nilai Selamat, berubah menjadi tipe data number, 12.34. Selanjutnya data terus berubah hingga akhir menjadi tipe data boolean.

Aturan Penulisan Variabel

Variabel pada JavaScript termasuk kedalam jenis identifier. Identifier, bermakna id/penjelas ataupun nama. Berikut adalah aturan penulisan variabel;

  • Dapat terdiri dari huruf, angka, underscore (_), dan tanda $.
  • Karakter pertama tidak boleh berupa angka. Angka hanya untuk karakter kedua dan seterusnya.
  • Bersifat case sensitive.
  • Tidak berupa reserved keyword, seperti var, while, function, dan lain-lain.

Selain menggunakan perintah var dalam menuliskan variabel, kita dapat pula memakai perintah lain. Seperti let. Perintah ini adalah perintah hasil pembaruan di EcmaScript 6. Berikut adalah cara penggunaannya;

Selain perintah let, ada satu lagi perintah yang musti kamu ketahui. Perintah ini akan membantu kamu dalam mencari bug pada kode program. Perlu diketahui bahwa JavaScript adalah bahasa yang kata kebanyakan orang adalah bahasa yang susah. Penyebabnya tidak lain adalah bug yang tidak terdeteksi web browser, atau silent error.

Untuk mengakali itu gunakan perintah / string use strict. Berikut adalah contoh penggunaanya;

Berikut adalah hasilnya di console Google Chrome. Akses console, dengan masuk mode developer, Ctrl+ Shift + i.

JavaScript Course
Hasil error

Terdapat error pada baris kedua belas. Yang benar adalah totalBiaya= totalBiaya + pajak;

Pengertian Konstanta JavaScript

Konstanta adalah variabel tetap yang tidak bisa diubah-ubah. Untuk dapat menuliskannya, maka diperlukan perintah const. Contohnya const PI = 3.14;.  Aturan untuk menuliskannya sama seperti bagian JavaScript yang bertindak sebagai identifier. Contoh kode;

Kesimpulan

Variabel adalah penampung sebuah data. Variabel dapat berupa apa saja, dengan tipe data tersebut dapat diubah-ubah sepanjang kode program. Namun perlu diingat, ada beberapa aturan baku dalam menuliskan variabel. Biasa ditulis dengan perintah var. Konstanta adalah jenis variabel yang kaku, tidak dapat diubah-ubah datanya. Biasa ditulis dengan perintah const.

sumber : dibawah

Pratama, Andre. 2017. JavaScript Uncover Panduan Belajar JavaScript untuk Pemula.Padang Panjang : www.duniailkom.com

petanikode.com, w3schools.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *