Twitter di Hack, Akun Tokoh-Tokoh Dunia Jadi Korban

  • 2 min read
  • Jul 16, 2020
Twitter
Hosting Unlimited Indonesia

Twitter, salah satu media sosial yang paling populer didunia, mengalami kejadian tidak menyenangka. Pada hari rabu, media sosial itu mendapatkan penyerangan data oleh sejumlah hacker. Kejadian itu disebut banyak pihak sebagai Wednesday’s Hack. Berita twitter di hack, menjadi viral di mana-mana. Selain karena nama medsos itu yang mendunia, sejumlah akun tokoh-tokoh dunia ikut jadi korban. Satu di antara mereka adalah engineer dunia, sosok dari balik CEO (Chief Executive Officer) SpaceX, Elun Musk.

Kronologi Kejadian

Peretasan yang terjadi pada hari rabu tersebut di duga dilakukan dengan perantara internal Twitter admin tool. Kasusnya hampir sama dengan kejadian kebocoran data Facebook beberapa tahun lalu. Twitter menduga ini adalah social engineering attack yang terkoordinasi atau adanya karyawan/orang dalam yang memberi akses ke internal Twitter admin tool.

Kejahatan peretasan data tersebut berfokus pada cryptocurrency. Pada serangan pertama hacker, akun akun seperti @bitcoin, @ripple, @coindesk, @coinbase, dan @binance diretas dengan pesan yang sama. Pesan tersebut adalah “We have partnered with CryptoForHealth and are giving back 5000 BTC to the community“. Diikuti dengan sebuah tautan ke sebuah website.

Sumber TechCrunch, Kriptaps Ronka, Kepala Eksekutif Namesilo, domain register yang digunakan scammer, memberikan kepastian bahwa domain telah ditangguhkan. Penangguhan dilakukan tepat pada laporan insiden pertama. Akun yang diretas bertambah dengan membagikan alamat dompet bitcoin yang berbeda-beda. Twitter sendiri mengaku bahwa ini adalah security incident.

Permasalahan terus berlanjut, hingga pengguna yang terverifikasi tidak dapat men-tweet. Melalui official Twitter Support, twitter memberikan konfirmasi:

Users may be unable to Tweet or reset your password while we review and address this incident, By Wednesday evening, twitter said that most tweeting should be back to normal but functionality, “may come and go”, as the company “continues working on a fix

Korban-Korban kejadian Hack

Ada banyak korban dari kejadian ini. Bahkan perusahaan yang dikenal punya keamanan tinggi seperti Apple, juga terkena skema serangan ini. Berikut adalah beberapa gambar tweet, sejumlah tokoh dunia yang mengalami kejadian sial ini..

Apple Twitter. sumber : TechCrunch

 

Elon Musk, CEO Tesla, SpaceX, sumber : TechCrunch

 

Rarack Obama, mantan presiden AS, sumber : TechCrunch

 

Akun Twitter yang di Hack
Joe Biden, wakil presiden AS menjadi korban. sumber : TechCrunch

Tokoh-tokoh dunia lain seperti Wiz Khalifa, YouTuber MrBeast, hingga Warren Buffet juga ikut menjadi korban.

Tanggapan Jack Dorsey, CEO Twitter

Jack Dorsey, mengatakan bahwa kejadian di hari rabu tersebut dengan istillah “tough day“.

Dalam sebuah tweet-nya, Dorsey mengatakan bahwa ini adalah hari yang berat. Ia juga berjanji akan membagikan segala informasi yang ada, setelah penyelidik mendapatkan petunjuk.

Kesimpulan

Pada hari rabu, twitter mendapatkan serangan tidak terduga. Sejumlah akun milik tokoh dunia, seperti Barack Obama, Joe Biden, Elon Musk, Wiz Khalifa, Jeff Bezos, menjadi korban. Fokus hacker dalam serangan ini adalah crypto scam. Pelaku membuat akun akun twitter tokoh dunia mempromosikan atau memberikan sejumlah ke alamat dompet bitcoin. Jack Dorsey dan tim endiri telah merespon kejadian ini dan terus melakukan investigasi. Jack Dorsey, berjanji akan memberikan informasi setelah tim penyelidik mendapatkan petunjuk.

sumber : Techcrunch.com, digitaltrends.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *