Tips Sukses Menjadi Blogger 2020 Part 1

  • 7 min read
  • Jun 19, 2020
Tips Blogger Sukses
Hosting Unlimited Indonesia

Blogger, pekerjaan yang sangat menyenangkan dan bisa menghasilkan uang. Menghabiskan waktu untuk membuat konten artikel adalah keseruan tersendiri. Bisa jadi itu adalah aktivitas “buang waktu” yang tidak sia-sia. Melatih bagaimana menampilkan konten artikel menarik pengunjung. Belajar menggunakan tata bahasa yang menarik dan sesuai tema konten, merupakan tantangan yang tidak mudah.

Apalagi, jika kita ingin artikel yang kita buat berada pada halaman pertama Google, maka kita perlu tau tentang SEO (Search Engine Optimization). Berada di peringkat pertama halaman Google, tentu memberi nilai kepuasan bagi kita. Akan banyak pengunjung yang membaca artikel kita itu. Bukan lagi hanya ilmu yang bisa kita bagikan, dengan blog kita juga bisa menerapkan personal branding.

Personal branding adalah keberadaan diri kita yang mendapatkan banyak perhatian dan kepercayaan dari masyarakat. Sesuatu yang kini mudah dilakukan. Hanya bermodalkan konten cringe, seperti membuat video TikTok tidak jelas, video prank yang merugikan banyak orang, menyebarkan hoax, bullying, kita sudah dapat memperkenakan diri kita pada publik.

Namun, satu pertanyaannya ? Apakah kamu ingin dikenal seperti itu ?.

Kita sepakat, jawabannya tidak. Bahkan personal branding dengan cara menurunkan harga diri sendiri atau orang lain, bukanlah personal branding sejati. Nah, salah satu cara untuk memperkenalkan diri dengan tidak cringe adalah menjadi blogger. Tentunya dengan menyajikan konten artikel yang bermutu.

Apakah jadi blogger masih worth it di masa-masa sekarang ?.

Mari kita cari tau.

Dan buat kamu yang sedang serius meniti karier sebagai blogger maka artikel akan memberimu cakrawala baru.

Ketahui Dulu Apa Itu Blogger!

Sebelum ingin menjadi sesuatu, maka pelajarilah sesuatu tersebut. Contoh, seseorang menyebutkan cita-citanya asal dengan yang menyebutkannya dengan mengetahuinya lebih dulu akan miliki output yang berbeda. Ketika kita mencita-citakan sesuatu dengan terlebih dulu memikirkannya, maka kita akan punya langkah strategis menuju itu. Jika tidak ? maka kita akan sama seperti anak-anak TK yang sekedar menjawab pertanyaan “Apa cita-citamu?”.

Jika kamu ingin menjadi blogger, maka ketahui apa itu blogger.

Blogger, adalah istillah untuk orang yang menulis blog. Blog, merupakan singkatan dari web blog, aplikasi web yang berbentuk tulisan pada halaman web. John Barger pencetus istillah web log, mengatakan bahwa log adalah aktivitas internet, dan web adalah website. Bila digabung, maka menjadi aktivitas internet di website.

Kita sering kali bingung, tentang perbedaan antara blog dengan website. Perbedaan keduanya, sama seperti perbedaan e-business dan e-commerce. E-Commerce adalah bagian dari e-business, tapi e-business bukan berarti adalah e-commerce. Website adalah induk blog, dan blog adalah anaknya. Blog merupakan bagian dari website, namun web bukan berarti blog.

Masih bingung ?

Blog, biasa di sebut sebagai web pribadi, karena yang mengelolanya umumnya, perorangan. Sedangkan website, di kelola oleh satu instansi, meskipun ada yang sendiri. Website biasanya berisikan informasi produk atau layanan, sedangkan blog membagi informasike dalam berbagai kategori dan tag. Perbedaan terakhir adalah tata gaya bahasa yang digunakan. Blog menggunakan tata bahasa yang lebih personal, sedangkan website memberikan kesan formal.

Blogger juga tidak bisa disamakan dengan content writer. Content writer menuliskan artikel bukan dengan sudut pandang sendiri. Melainkan dengan sudut pandang orang ketiga, atau situs web dia menulis. Kamu dapat lihat pada artikel artikel di website liputan6, inwepo.co, hipwee, dan sejenisnya. Tidak akan ditemukan penulisan sudut pandang orang pertama, seperti “aku, saya, gua,”.

Perbedaan Blogspot dan WordPress

Media blog pertama dipopulerkan oleh Pyra Labs. Blog pertama di dunia adalah milik Justin Hall. Nama blog Justin Hall adalah links.net. Admin sudah mencarinya di google, namun yang keluar adalah internet positif. Justin mendapat gelar sebagai Founding Father of Personal Blogger tahun 2004 oleh New York Times Magazine. Blog terus mengalami perkembangan yang pesat. Tahun 2002, Blogger.com mulai diakuisisi oleh Google.

Tidak hanya medianya, blogger juga berkembang dari tahun ke tahun. Mereka menemukan platform baru yang lebih asik untuk nge-blog. Platform sistem tersebut adalah CMS (Content Management System). Memudahkan blogger untuk kustomisasi halaman website. Salah jenis CMS, yang banyak digunakan adalah WordPress. Secara perlahan, WordPress, mulai menggantikan posisi platform blogspot untuk para blogger.

Apa sih perbedaan diantara keduanya ?.

Perbedaan Blog dan WordPress
konten lautanit.com
Blogspot dan Karakteristisknya
Blogspot dan Karakteristisknya
Wordpress dan Karakteristisknya
WordPress dan Karakteristisknya

Mana Yang Terbaik Blogspot atau WordPress ?

Baik blogspot maupun wordpress, sama sama bisa dipasang iklan seperti Google Adsense,  kecuali wordpress versi .com tidak diperkenakan. Jadi keduanya sama-sama bisa digunakan sebagai ladang bisnis. Tetapi manakah yang terbaik ?

Admin rasa kamu sendiri yang tau mana yang terbaik dari diri sendiri.

Jika kamu menggunakan blogspot, maka setidaknya kamu mengerti struktur XML (Extensible Markup Language), jenis HTML dengan gaya yang berbeda. Mengerti hal itu akan memberikan kamu kemudahan dalam melakukan kustomisasi pada layout. Jika tidak paham, maka kamu bingung sendiri jika mau menambahkan gadget dalam blogspot. 

Berbeda dengan blogspot, WordPress, sangat memudahkan pemula. Kamu tidak perlu terlalu banyak mengutak atik struktur template. Kamu hanya perlu install plugin yang kamu butuhkan. Selain itu plugin-plugin yang disediakan wordpress tidak hanya untuk sekedar tampilan yang tampak oleh pengunjung saja. Tetapi dapat membantu kita dalam menulis artikel sehingga punya standar atau nilai SEO, contoh plugin yoast seo.

Sayangnya wordpress, lebih akrab bagi orang-orang yang sudah punya modal gede. Untuk versi gratis wordpress.com, kamu diharuskan untuk upgrade berbayar, agar dapat menambahkan plugin, didalamnya. Bahkan untuk versi .org, kamu bukan hanya harus bayar domain, tapi hosting untuk tiap bulannya.

Berbeda dengan blogspot, kamu memang juga harus berbayar, tapi hanya sekedar bayar domain. Tidak harus menggunakan hosting, kamu dapat memulai bisnis artikel yang kamu mau.

Apakah menjadi pekerjaan jadi blogger worth it di tahun 2020?

Worth it tidaknya menjadi blogger, sebenarnya bergantung pada diri sendiri. Kembali ke pertanyaan dasar, apa tujuan kamu nge-blog. Pasti kebanyakan dari kita, “ya cari uanglah”.

Bila dibandingkan dengan Youtuber atau bahkan TikToker yang sudah punya iklan sendiri, mencari uang dengan menjadi blogger, bukanlah hal mudah. Alasannya, adalah susahnya mencari pasar. Orang-orang lebih suka menghabiskan waktu untuk menonton konten interaktif seperti video, ketimbang membaca artikel.

Satu lagi, blog, yang dibangun oleh blogger, sering kali kalah promosi dengan website-website besar. Ribuan keyword yang banyak dicari sudah banyak di pakai website besar. Sebut saja, salah satu contohnya seperti Tribunnews. Punya banyak subdomain, yang mewakili kota kota besar, mulai dari Aceh, Pekanbaru, Jogja, Pontianak, Makassar, dan lain-lain. Web-web besar juga “rakus” dalam penggunaan keyword.

Bagaimana solusinya ?

Solusinya adalah menggunakan spesifik keyword, dan juga menjaga kualitas konten artikel. Usahakan untuk langsung dapat menjawab pertanyaan pengunjung. Kamu juga dapat membuat konten artikel dengan tema-tema yang anti mainstream, namun banyak pengunjung.

Soal mendapatkan uang, kebanyakan blogger, mengakalinya dengan tidak terlalu bergantung pada google adsense. Mereka banyak mengikuti lomba-lomba menulis artikel berhadiah jutaan rupiah. Selain itu, ada juga pilihan merambah dunia Affiliate marketing. Kebanyakan blogger juga menjual jasa tulis artikel.

Niat Yang Tepat Agar Jadi Blogger Sukses

Jika kamu terlalu bergantung atau berharap pada google adsense untuk mendapatkan uang, maka berhentilah menjadi blogger. Butuh kerja keras untuk mendapatkan gaji dari adsense tiap bulan. Bahkan pengalaman admin sebagai blogger dari tahun 2017, ada teman nge-blog adminyang baru gajian dari adsense ketika sudah 6 bulan. Itupun gajinya hanya 1.300.000, standar gaji pertama adsense blog.

Lalu gimana cara orang mendapatkan gaji adsense tiap bulan dalam jumlah yang besar ?.

Diperlukan pengunjung dalam jumlah besar yang konsisten perbulannya.

Jika dalam perbulannya, blog kamu ada 100.000 pengunjung, maka kira-kira kamu akan dapatkan tiap bulan 3 juta. Jika perbulan blog kamu ada 1 juta pengunjung, maka tiap bulan kamu dapat sekitar 10 juta. Tapi ingat, ini semua bergantung niche blog, lamanya kunjungan visitor dalam website, dan lain-lain. Belum lagi, blogger juga dihantui kelakuan orang iseng.

Contohnya, mengirimkan spam visitor kepada blog kita dengan mengklik iklan adsense ribuan kali dalam waktu yang sama. Mungkin ini bukan masalah bagi web-web besar, tetapi untuk blog, adsense kamu bisa hilang. Kamu akan di curigai sebagai penipu oleh google.

Sebelum hangus, cepat-cepat konfirmasi kepada google, bahwa itu bukan kamu. Kejadian ini sempat heboh di kalangan blogger tahun 2018, dan dikenal dengan bom pocong. Ceritanya ada seseorang dari publisher adnow yang iri terhadap cara blogger yang saling melakukan blogwalking satu sama lain. Cara itu, entah bagaimana “mematikan adnow”. 

Perlu diketahui, blogwalking, adalah sebutan dari kalangan blogger, untuk saling berkunjung di blog masing-masing. Cara itu juga efektif, untuk membuat saldo di dashboard adsense bertambah meskipun hanya beberapa perak.

Sebenarnya, tidak ada yang salah jika kamu menjadikan uang sebagai alasan menjadi blogger. Namun, ingatlah ini, kamu perlu upgrade thinking, dengan banyak mencari relasi dan membuat konten. Cari pasar blog mu. Bergantung pada google adsense saja, itu sulit.

Tentukan Niche Blog mu

Setelah memutuskan platform apa yang kamu gunakan, mencari apakah menjadi blogger masih wort it, dan pelaksanaan niat yang tepat, maka mulai menentukan niche blog kamu. Niche adalah tema dari blog. Dengan menentukan tema tertentu, kamu akan lebih mudah menemukan ide-ide konten yang akan ditulis.

Ada beberapa niche blog, yang paling banyak menyita pengunjung. Di antaranya;

  • Wisata & Travel
  • Teknologi
  • Kuliner
  • Berita
  • game
  • Beauty

Sebenarnya kamu juga membuat blog gado-gado, semua tema masuk. Jadi kamu tidak terikat pada niche tertentu. Jenis blog ini jadi patron banyak blogger. Pilih niche yang kamu memang kuasai dan suka.

Blogger Blogger Sukses

Ada banyak contoh blogger-blogger sukses yang bisa jadi inspirasi kamu. Satu yang mungkin kamu paling ingat tentang blogger sukses adalah sugeng riyadi. Atau kamu juga mengenal Trinity, blogger TheNakedTraveler.com.

Baca di sini : finansialku.com, daftar blogger sukses

Admin, juga punya beberapa nama blogger sukses versi admin sendiri. Ada 3, yakni firdausartikel.com, celotehdinihari.com, dan insanwisata.com.

Firdausartikel.com

Logo Firdaus Artikel (sumber : firdausartikel.com)

Dibangun oleh anak muda bernama Firdaus Deni Febriasnyah. Kelahiran tahun 1999. Dia menyebut diri sebagai content writer, karena juga aktif dalam beberapa website lain seperti hipwee, Brilio, dan Klikmania. Banyak penghargaan yang dia raih dalam bidang tulis menulis artikel dengan mengikuti berbagai lomba.

Selain itu dia juga menyediakan jasa tulis artikel. Jasa artikel yang dia buat readability dan human friendly. Gratis revisi 5 kali, dan juga pelayanan yang diberi sangat ramah dan profesional. Website-nya sendiri terdiri dari banyak kategori mulai dari teknologi, kecantikan, kesehatan, keuangan, wisata, dan lain-lain.

Celotehdinihari.com

Logo CelotehDiniHari.com (sumber : celotehdinihari.com)

Dikelola oleh wanita cantik bernama Rini Novita Sari. Wanita yang fashionable dan suka traveling ini mampu menyajikan artikel yang ringan, enak dibaca, dan jadi rujukan banyak orang. Mba Rini juga merupakan staf accounting di perusahaan swasta di Surabaya. Buat temen-teman blogger, mungkin kamu sudah akrab dengan mba ini di grup Facebook Blogger Indonesia.

Dia juga aktif mengikuti berbagai lomba blog dan kebanyakan diantaranya menjadi juara. Seperti Juara 1, Pantum Blog Competition, Juara 1 Accurate Blog Competition, Juara 2 Lomba Blog Traveloka, Juara 2 Ajaib Investasi Blog Competition, dan lain-lain.

Insanwisata.com

Contoh blogger sukses insan wisata
Tentang insanwisata.com (sumber : insanwisata.com)

Yang terakhir adalah punya alumni Pariwisata UGM (Universitas Gajah Mada), Hannif Andy Al Anshori. Blog ini adalah blog travelling terbaik versi admin. Selain artikel yang disajikan sangat menarik, fakta bahwa Mas Hannif adalah lulusan pariwisata, adalah nilai lebih. Tentunya, beda rasanya artikel yang dikemas oleh yang ahli di bidangnya dengan orang tidak ahli.

Insanwisata.com, juga merupakan pendiri dari desawisatainstitue.com.

Bagaimana dengan prestasinya ?, Coba kamu lihat saja di sini…Lihat prestasi.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan motivasi sukses untuk kamu yang ingin menjadi blogger. Sebagai hadiah karena sudah membaca artikel ini hingga habis, kamu bisa membeli domain dan hosting di niagahoster.co.id dengan tambahan diskon sebesar 5% dengan menggunakan kode kupon dari admin. Silahkan hubungi admin melaui email hallolautan.it@gmail.com atau dm di instagram @lautanitcom.

Part 2, kita akan mulai belajar mengenai konten dan SEO. Tetap semangat untuk sukses, sukses, sukses

Notice : admin tidak pernah mengatas-namakan diri sebagai Niagahoster. Admin hanya memberikan kode kupon yang admin dapatkan dari penyedia layanan domain dan hosting tersebut.

Sumber : niagahoster, pengalaman admin.

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *