Asal Usul Internet Yang Mungkin Kamu Baru Tau!

  • 6 min read
  • Jun 16, 2020
Asal usul internet
Hosting Unlimited Indonesia

Rahasia dan asal usul internet, adalah kumpulan jaringan komputer berskala besar. Atau dapat dikatakan sebagai gabungan dari WAN (Wide Area Network). Internet-lah alat yang kita gunakan untuk dapat berkomunikasi selama pandemi. Melakukan kegiatan “mudik digital” istillah dari Presiden kita, Joko Widodo. Internet-lah yang menjadikan kita banyak menikmati ke”gaje”-an anak-anak TikTok, menikmati berita-berita viral secara cepat. Tentu saja lebih lebih dari itu ya.

Tapi, bagaimana dengan asal usulnya ?. Siapa yang pertama kali mengenalkan konsep internet di dunia ?.

Pastinya, mereka-mereka adalah orang-orang yang paling berjasa untuk setiap teknologi terbarukan. Bayangkan tanpa internet, tidak ada media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Line, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, dan lain-lain. Kondisi pandemi seperti yang kita hadapi sekarang, tentunya akan lebih menyiksa tanpa adanya internet.

So, kembali ke pertanyaan, siapa yang pertama kali mengenalkan konsep internet di dunia ?.

Baca terus artikel ini dan kamu akan dapatkan jawaban asal usulnya.

Pengertian Internet

Internet, seperti yang sudah admin katakan di awal. Adalah kumpulan jaringan komputer berskala besar. Internet bukanlah seperangkat layanan media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Line, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, dan lain-lain. Semua itu adalah teknologi yang bergerak menggunakan internet. Internet adalah sistem komunikasi komputer global. Memiliki kepanjangan kata yakni, interconnected network.

Agar data-data dapat bergerak sesuai dengan tujuan, maka diperlukan suatu protokol. Protokol adalah aturan-aturan khusus dalam jaringan komputer, untuk menentukan pengiriman paket atau packet switching. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah protokol umum internet.

Sejarah Awal Asal Usul Internet

Admin akan memberikan 2 kondisi sejarah awal internet. Yakni sebelum masa internet dan sesudah internet datang. Memahami kondisi sebelum internet akan memberikan gambaran jelas kepada kita, mengapa internet diciptakan.

Sebelum Masa Internet

Sebelum masa internet, orang orang berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan telepon. Telepon jaman dulu, masih menggunakan kabel, dan berukuran sangat besar. Kita mungkin dapat melihat beberapa peninggalan telepon jadul pada telepon umum di pinggir jalan. Dengan harga yang mahal saat itu, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang jauh, untuk beberapa menit.

Masa-masa sebelum internet, dikenal juga sebagai masa yang sangat sulit untuk hanya sekedar mendapatkan informasi bahkan untuk kegiatan pemasaran. Douglas, menjelaskan di dalam buku The Internet Book, tentang susahnya jika menjadi sales telepon tahun 90-an. Tahun-tahun, di mana revolusi industri pertama terjadi. Perusahaan mulai beralih dari tenaga manusia dan binatang ke mesin uap.

Telepon ? telepon saat itu digambarkan sebagai teknologi canggih yang kebanyakan orang tidak tau. Lantas bagaimana menyakinkan perusahaan untuk dapat memakai produk telepon kamu ?. Apakah kamu akan berkata bahwa teknologi ini akan membantu pelanggan melakukan pemesanan lebih cepat ?. Atau dapat digunakan untuk melacak pengiriman ?. Jika kamu berpikir itu mudah, maka tidak dengan hasil penelitian Douglas.

Sebagian besar dari pemilik usaha saat itu, percaya bahwa tanpa telepon sekalipun, industri mereka akan tetap berjalan. Salah satu alasan terbesarnya adalah akses yang terbatas pada telepon. Telepon dipasang pada dinding rumah, dan tidak bisa dipindahkan. Seseorang baru akan bisa menelepon orang lain, jika mereka satu saluran. Kualitas suara yang dihasilkan pun penuh dengan kebisingan dan kecil.

Harganya telepon serta installasi-nya yang mahal menjadikan telepon tidak cocok untuk tahun 90an. Kekurangan-kekurangan ini menjadikan proses transisi bisnis dengan telepon menjadi sulit. Lalu mengapa semua orang di Amerika Serikat berlangganan telepon ?. Jawabannya, adalah pemerintah menfasilitasi hal itu. Dengan membuat AT&T (American Telephone and Telegraph), jadi perusahaan monopoli yang diatur.

Selain dikenal sebagai eranya telepon, era sebelum interneti dikenal juga sebagai era analog. Sebelum akhirnya berubah secara perlahan menuju digital, hingga lahirlah internet.

Sesudah internet

Era digital menjadi penentu kuat terciptanya internet. Perubahan data dari bentuk digital menjadi analog, menjadikan data lebih mudah diubah ke dalam berbagai format. Disimpan dalam teknologi lainnya. Contoh seperti musik digital. Dengan mudahnya data analog diubah menjadi digital, menjadikan orang-orang berpikir untuk mendapatkan data tersebut. Berbagi sumber daya, atau resource sharing.

Tahun 1960-an, ARPA (Advanced Research Projects Agency), bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, tertarik untuk menemukan cara resource sharing. ARPA memulai proyek itu dengan menyambungkan semua komputer dengan jaringan data, lalu merancang software untuk peneliti memilih komputer untuk tugas tertentu.

ARPA menyewa sebuah kontraktor, memfokuskan riset jaringan, dengan sistem kerja yang diberi nama ARPANET. Tim melakukan pendekatan penelitian bernama packet swicthing. Tahun 70-an, penelitian ARPA terus berkembang dengan ada pasokan beberapa jaringan operasional komputer. Teknologi ini kemudian diteruskan untuk kebutuhan militer.

ARPANET, dapat dikatakan sebagai jaringan WAN (Wide Area Network), dengan bantuan satelit dan transmisi radio untuk komunikasi. Departemen Pertahanan Amerika menyadari akan suatu hal. Militer akan menghadapi yang sama yakni tidak adanya jalur di antara komputer di jaringan yang berbeda yang terhubung. Solusinya, adalah membentuk pulau terpencil yang menghubungkan kumpulan komputer, tanpa adanya jalur di antara pulau pulau tersebut.

Mungkin kamu dapat membaca artikel kami sebelumnya di sini untuk memahami WAN (WIide Area Network).

Nama Asal internet

Penelitian yang di lakukan DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dimulai dengan beberapa ide dasar. Mereka juga memberikan hadiah kepada peneliti-peneliti yang mampu menerapkan idenya ke komputer nyata. Tahun 1973, dua orang pekerja DARPA, Vinton Cerf dan Robert Kahn, menemukan istillah baru untuk interconnection network, menjadi internet. Nama itu kemudian diterapkan sebagai nama proyek dan sistem yang sedang dibangun.

Setiap peniliti dalam proyek tersebut, memiliki komputer yang terhubung dengan ARPANET. Ada 2 tujuan umum dari peneliti saat itu. Satu, mereka menggunakan jaringan yang ada untuk menghubungkan komputer ke website belajar. Kedua, mereka menggunakan jaringan yang untuk eksperimen ide-ide baru, teknik baru, dan aplikasi baru.

Didalam internet, terdapat dua buah perangkat lunak yang sangat penting. Dua perangkat lunak itu adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). TCP berguna untuk menyediakan fungs-fungsi utama yang dibutuhkan aplikasi internet, sedangkan IP untuk layanan komunikasi dasar.

TCP/IP, mulai diadopsi sebagai bagian dari internet, pada tahun 1983. Itulah asal usul TCP/IP.

Internet untuk publik

Pada awalnya internet hanya digunakan untuk kebutuhan militer, dan penelitian-penelitian dari lab komputer militer itu sendiri. Selain itu internet juga dimonopoli oleh perusahaan komputer besar. Mereka menggunakan teknologi tertutup agar jaringan tidak bisa tersambung pada jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN, tanpa biaya. Proses internet menuju komersial terjadi secara bertahap.

Proses diawali dengan WAN yang telah mencapai kapasitasnya. Dengan sebab itu, NSF (National Science Foundation), menyetujui pengaturan jaringan menjadi tiga kali lipat kapasitas untuk tiap saluran transmisi. Namun, kejadian penuhnya kapasitas saluran kembali terjadi akhir 1991. NSF sebagai lembaga dari pemerintah mulai mencari ide untuk bekerja sama dengan lembaga swasta yakni IBM, MERIT, dan MCI.

NSF mulai mendirikan jaringan nirlaba bernama ANS (Advanced Network and Services). ANS membentuk WAN baru sebagai internet backbone. Dikenal dengan nama ANSNET, WAN dengan jalur pengiriman dengan 30 kali lebih besar dari kapasitas NSFNET sebelumnya.

Ketika masih menjadi tanggung jawab pemerintah, internet tidak boleh digunakan sebagai ladang uang. Namun, hal itu berubah ketika ANS yang memegang kendali. Dan tahun 90-an keatas, dikenal sebagai masa internet untuk komersial.

Perubahan internet menjadi teknologi komersial mendukung berbagai penemuan baru dalam teknologi. Kita mulai mengenal website, email, e-commerce, dan teknologi baru lainnya, seperti IoT (Internet of Things) dan AIoT (Artificial Intelligence of Things).

Cara Kerja Internet

Mungkin ini menjadi pertanyaan besar para pembaca dari tadi setelah tau asal usul internet.

Bagaimana cara kerja internet ?.

Internet dapat bekerja dengan menggunakan satelit dan kabel fiber optic yang ada di lautan. Cara kerja internet satelit, berawal dari server yang menerima permintaan data dari client. Anggap saja client adalah smartphone yang kamu gunakan untuk mengakses lautanit.com. Lalu server akan menembakkan data tersebut ke antena satelit di luar angkasa. Antena satelit tersebut menerima sinyal-sinyal data, lalu mengirimkanya ke antena yang ada di bumi berada dekat dengan kamu.

Jika tidak tersampaikan dengan satelit, maka server akan mengirimkannya juga dengan kabel fiber optic. Server akan mengirimkan data yang pinta oleh client dalam bentuk bilangan binerServer mampu mengirimkan data tepat pada client, dengan mengidentifikasi ip (internet protocol) address.

Kamu tidak harus menuliskan alamat ip dari lautanit.com. Cukup dengan menuliskan domain-nya saja yakni lautanit.com. Proses perubahan domain menjadi alamat ip, ditanggung oleh DNS (Domain Name Server). Browser lah yang bertujuan untuk mendapatkan alamat ip. Lalu browser akan meneruskan permintaan ke server yang dipinta client.

Server lalu merespon permintaan tersebut, lalu mengirimkan data dalam bentuk gelombang cahaya di dalam kabel fiber optic. Lalu sinyal data akan mengirimkan data ke menara cell, lalu dari menara itu sinyal akan sampai pada smartphone kamu dengan bentuk gelombang elektromagnetik.

Kesimpulan

Internet adalah kependekkan dari interconnected network. Merupakan teknologi dari gabungan jaringan komputer WAN (Wide Area Network). Teknologi yang sangat penting di masa sekarang, karena banyak teknologi terbarukan seperti media sosial yang menggunakan internet sebagai medianya. Pada jaman dulu, teknologi komunikasi masih di dominasi oleh telepon ataupun analog menuju digital.

Era digital menjadi pendorong tercetusnya internet, untuk dapat berbagi sumber daya. Lembaga yang pertama kali mengembangkan penelitian tentang internet adalah Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Nama internet baru pertama di cetuskan pada tahun 1973, oleh Vinton Cerf dan Robert Kahn. Untuk masa-masa awalnya, internet digunakan hanya untuk keperluan militer dan penelitian.

Barulah pada 1990-an, internet berubah menjadi sesuatu yang komersial. Itulah asal usul internet.

sumber : di bawah

Comer, E.D. 2009. Computers Networks and Internets. Edisi Kelima. New Jersey : Prentice Hall

Comer, E.D. 2018. The Internet Book Everything You Need to Know about Computer Networking and How the Internet Works. Edisi Kelima. U.S.A : CRC Press

Youtube Ilmu Rekayasa

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *