Belajar Mengenal Dasar Jaringan Komputer

  • 8 min read
  • Jun 06, 2020
Hosting Unlimited Indonesia

Jaringan komputer, teknologi yang sekarang sedang kamu gunakan untuk berselancar dan membaca website lautanit.com ini. Teknologi yang hampir semua orang pasti pernah menggunakannya. Entah itu ketika sekolah, kuliah, di rumah sakit, pelabuhan, bandara dan lain-lain. Perlu kamu ketahui pula, handphone yang kamu gunakan termasuk kedalam jenis komputer dan perangkat untuk terhubung dalam jaringan komputer. Mengapa handphone dibilang komputer ?. Mari mengenal lebih dekat.

Jika menilik secara bentuk, komputer dan handphone punya bentuk yang berbeda. Mereka sama dalam hal makna dari komputer.  Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika. Komputer memiilki 4 fungsi dasar, yakni pengolahan data, penyimpanan, pemindahan data, dan kontrol.

Keempat fungsi tersebut juga ada pada handphone. Jadi handphone dapat dikatakan sebagai komputer dalam bentuk kecil. Atau, semua benda yang dapat mengolah, menyimpan, memindah, dan kontrol data adalah komputer.

Pada jaman dulu, komputer hanya dapat digunakan begitu saja, dan tidak bisa menstranfer data ke komputer lain. Ilmuwan jaman dulu mengakali hal tersebut dengan koneksi kabel ethernet. Menghubungkan satu komputer dengan satu komputer lainnya. Jadilah jaringan komputer paling pertama yakni peer to peer. 

Teknologi jaringan komputer tersebut terus berkembang, hingga sampai pada tahap wireless dengan ruang lingkup yang sangat besar, yakni internet.

Tapi apakah yang dimaksud dengan jaringan komputer sebenarnya ?

Cari jawabannya di sini..dan kita mengenal lebih dekat :D.

Pengertian Jaringan Komputer

Szymon Machajewski menjelaskan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang saling terhubung. Terhubungnya komputer satu sama lain dapat menggunakan kabel ethernet, atau wireless melalui gelombang radio.  Jaringan komputer dapat membuat kita berbagi resources, akses internet, berbagi file, printer, dan lain-lain.

Manfaat jaringan komputer yang begitu besar, menjadi penelitiannya terhadapnya juga besar. Hal itu membuat perkembangannya begitu pesat. Tahun 70-an, jaringan komputer berubah dari penelitian untuk bahan ajar menjadi bagian penting dari insfrastruktur. Jaringan komputer bukanlah jaringan yang begitu kompleks.

Mengapa admin menyebut jaringan komputer bukan jaringan yang begitu kompleks ?

Karena pada dasarnya jaringan komputer adalah alur atau jalan dari 2 komputer atau lebih yang berbagi data. Sebab terbesar mengapa jaringan komputer banyak dikatakan kompleks karena adaptasi-adaptasi / modifikasi dari perusahaan besar. Mereka menggabungkan banyak komputer dengan susunan yang berbeda dengan standar yang mereka ciptakan sendiri.

Banyak terminologi-terminologi yang tercipta dari “kenakalan” perusahaan. Perusahaan bahkan sering kali menyebutkan suatu produk lalu mengaitkannya dengan istillah teknis umum. Tetapi Douglas E. Comer telah merumuskan 5 aspek penting agar kita tidak tersesat dalam “kompleks buatan” jaringan komputer.

5 aspek penting tersebut adalah;

  1. Network Applications and Network Programming
  2. Data Communications
  3. Packet Switching and Networking Technologies
  4. Internetworking With TCP/IP (Tranmission Control Protocol/Internet Protocol)
  5. Networking Concepts and Technologies

Network Applications and Network Programming

Aplikasi jaringan adalah layanan dan fasilitas yang digunakan oleh kita-kita, para pengguna. Aplikasi jaringan suatu komputer melakukan komunikasi di seluruh jaringan komputer dengan mengenal aplikasi jaringan pada komputer yang lain. Cakupan aplikasi jaringan ini adalah email, transfer file, web search, database integration, audio/video conference, dan lain-lain.

Memahami konsep aplikasi jaringan akan akan memudahkan network programmer untuk membuat aplikasi yang baru.

Data Communications

Komunikasi data pada jaringan komputer adalah studi mekanismen teknologi tingkat rendah dalam mengirimkan informasi melalui media fisik/fisika. Contoh, kabel, gelombang radio, dan sinarDua bidang ilmu seperti teknik elektro dan fisika mengambil peran penting dalam aspek ini.

Orang-orang di teknik elektro mempelajari cara merancang dan membangun sistem komunikasi. Ilmu fisika mengamati sifat sifat dasar dan energi dari sebuah materi untuk kemudian dijadikan media komunikasi data. Fisikawan lah yang berpikir bagaimana cahaya bisa mengirimkan data. Contoh, penemuan serat optik untuk transfer data bergantung pada sifat pantulan cahaya.

Komunikasi data yang kita pelajari bukanlah yang berhubungan dengan fenomena fisika. Namun lebih kepada pengaruh komunikasi data pada lapisan protokol. Contohnya adalah konsep multiplexing data dan end-to-end encryption untuk bagian keamanan.

Packet Switching and Network Technologies

Packet Switching adalah revolusi dari komunikasi data. Revolusi ini membagi data membagi blok-blok kecil, yang disebut dengan paket. Setiap paket memiliki identitas penerima. Jadi data tidak mungkin salah kirim. Ketika paket sampai pada satu perangkat, perangkat tersebut akan memberikan petunjuk jalan sehingga paket akan sampai tujuan atau identitas penerima.

Internetworking with TCP/IP

Internet adalah revolusi baru dari jaringan komputer. Meskipun internet pertama kali digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, tahun 1969, namun protokolnya ditemukan pada 1973. Protokol adalah aturan-aturan standar dalam packet switching.  Protokol tersebut bernama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Latar belakang protokol ini adalah tidak ditemukannya packet switching tunggal untuk menampung semua kebutuhan data. Dengan itu dibuatlah banyak packet switching untuk penanganan banyak data. Agar berjalan dengan semestinya, maka diberikan sebuah aturan standar, yakni protokol khusus.

Protokol ini, melakukan pendekatan virtual untuk mendefenisikan paket dan skema jaringan. Lalu protokol akan mengatur peta penyebaran paket ke setiap jaringan yang merupakan tujuannya.

Jenis-jenis jaringan komputer

Jenis-jenis jaringan komputer ada banyak tergantung daripada klarifikasinya. Admin akan memberikan penjelasan jenis-jenis jaringan berdasarkan 2 klarifikasinya. 2 klarifikasi itu tersebut adalah berdasarkan peranan komputer dalam jaringan, dan cakupan geografinya. Mari mengenal lebih dekat.

Berdasarkan peranan tiap komputer dalam jaringan, jaringan komputer ada 2.

Yakni peer to peer dan client server.

Jenis jaringan komputer berdasarkan peranan komputer didalamnya

Client Server

Jaringan komputer client server, adalah sebuah jaringan komputer yang satu komputer berperan sebagai penyedia layanan. Komputer penyedia layanan disebut dengan server. Sedangkan komputer yang meminta layanan adalah client. Komputer tidak bisa menjalankan dua peranan sekaligus.

Pengaplikasian jaringan model ini dapat terlihat pada cara kerja aplikasi web server. Klien mengirimkan pesan melalui jaringan. Pesan tersebut masuk dan diolah oleh server. Klien menunggu balasan. Server akan membalas pesan tersebut sesuai isi  yang diminta oleh klien.

Cara kerjanya dapat digambarkan sebagai berikut;

Cara kerja client server

Peer to peer

Jaringan ini tidak membagikan peran khusus bagi komputer. Komputer dapat berperan sebagai server dan client sekaligus. Sistem ini banyak digunakan berbagi musik dan video. Bahkan juga aplikasi. Salah satu contoh sukses pengaplikasian sistem ini terdapat pada BitTorrent.

Tidak memiliki datbase terpusat. Setiap pengguna memelihara database-nya sendiri, lalu bisa memberikan akses kepada orang lain untuk masuk kedalam database-nya tersebut. Pengguna baru dapat melihat database dari anggota yang sudah ada.

Jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan geografisnya

PAN (Personal Area Networks)

PAN memungkinkan perangkat untuk saling melakukan komunikasi data melalui jangkauan perorangan. Contohnya adalah jaringan nirkabel bluetooth. Bluetooth bekerja dengan paradigma master-slave. Master-slave adalah protokol komunikasi yang menempatkan satu perangkat sebagai master atau pengendali dan satu perangkat lain sebagai yang dikendalikan (slave).

Master memberi taukan kepada slave apa merekah harus lakukan. Alamat apa yang digunakan, kapan menyiarkannya, dan frekuensi yang bisa digunakan.

Kirim data pakai bluetooth

LAN (Local Area Networks)

LAN (Local Area Networks), adalah jaringan milik pribadi yang beroperasi di dalam dan di dekat satu bangunan seperti rumah, kantor, atau pabrik. Local Area Networks juga dapat didirikan tanpa kabel, dan disebut dengan LAN Nirkabel. Setiap komputer punya modem radio dan antena agar bisa terhubung dengan komputer lain.

Alat bantu lainnya, adalah access point. Untuk komunikasi yang dekat, maka komputer saling terhubung dengan konfigurasi peer to peer.

LAN nirkabel dan wired

MAN (Metropolitan Area Networks)

MAN cakupannya adalah kota. Contoh yang paling terkenal dari sistem jaringan ini adalah jaringan Tv (Televisi) kabel.  Antena besar dipasang pada tempat tertinggi, dan kemudian sinyal di sebar pada rumah pelanggan. Tidak hanya digunakan untuk menyebarkan acara berita, namun juga layanan internet.

Contoh jaringan MAN

WAN (Wide Area Networks)

WAN (Wide Area Networks) adalah jaringan komputer dengan cakupan mencapai suatu negara atau benua.

Contoh jaringan WAN

Di dalam WAN terdapat subnet. Tugasnya adalah untuk membawa pesan dari host to host, sama seperti sistem telepon membawa suara pembicara ke pendengar. Subnet ini terdiri dari saluran transmisi dan elemen switching. Saluran transmisi bertugas memindahkan bit antar mesin. Elemen switching adalah komputer khusus yang menghubungkan dua atau lebih saluran transmisi. Komputer switching biasa disebut dengan router.

Internet

Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung. Jaringan ini saling menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain menggunakan ISP (Internet Service Provider). Dapat dikatakan bahwa internet adalah gabungan dari banyak WAN  (Wide Area Network).

Perangkat-perangkat jaringan komputer

Perangkat jaringan komputer terdiri atas banyak perangkat. Admin akan membahas 6 perangkat yang sering disebut. Yakni repeater, hub, swicth, bridge, gateway, dan router.

Repeater

Perangkat repeater

Repeater adalah alat penerima sinyal dan penyebaran kekuatan sinyal. Berasal dari repeat yang artinya mengulang, yakni mengulang kembali pengiriman sinyal hingga mencapai kekuatan cukup untuk mencapai daerah tujuan.

Cara kerja repeater adalah menerima sinyal data lalu memancarkannya kembali. Terdapat 2 komponen dalam repeater yang memiliki peran penting terpancarnya sinyal menjadi lebih kuat. Komponen pertama bertugas untuk menahan dan mengubah frekuensi sinyal yang datang jadi lebih kuat. Komponen lain bertugas sebagai pemancar sinyal yang telah diperkuat. Sistem ini juga dikenal sebagai sistem analog dan digital repeater.

Hub

Perangkat hub

Adalah alat untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer ke dalam sistem jaringan, agar saling bertukar data atau informasi.

Cara kerjanya adalah dengan menerima data dari perangkat yang tersambung pada port. Kemudian hub akan mengirimkan data ke semua perangkat (broadcast) yang juga terhubung dengan port secara bersamaan.

Switch

Perangkat switch

Boleh dikatakan bahwa perangkat ini adalah hub dengan kemampuan yang lebih pintar. Mampu menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat tujuan.

Switch bekerja dengan mengirimkan data pada perangkat yang memerlukan saja, tidak broadcast.

Bridge

Perangkat bridge

Sebuah perangkat untuk menjembatani jaringan-jaringan yang berbeda atau segmen jaringan. Bridge akan memetakan alamat ethernet dari setiap titik pada masing-masing segmen jaringan. Kemudian menyeleksi data-data apa saja yang diperlukan.

Bekerja dengan menerima sinyal yang datang dari sebuah kabel jaringan. Kemudian melakukan amplifikasi pada sinyal tersebut, sekaligus membaca pesan dan mengirimkannya pada kabel jaringan yang lain.

Gateway

Perangkat gateway

Sebuah perangkat yang mampu menghubungkan antara jaringan komputer dengan protokol yang berbeda. Gateway bekerja sebagai pengatur lalu lintas antar jaringan, dengan konsep filter. Gateway-lah yang memberikan rute kepada paket data agar sampai tujuan.

Router

Perangkat router

Alat untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan menuju tujuannya, dengan proses yang dikenal dengan routing. Merutekan setiap paket, apakah menuju host dari suatu jaringan yang sama atau berbeda.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah susunan aringan komputer, yang terdiri atas node, link, dan station. Dalam perkembangannya topologi komputer terdiri atas 5 topologi umum. Yakni bus, ring, star, mesh, tree, hybird. Mari mengenal lebih dekat.

Topologi Bus

Topologi bus

Susunan jaringan komputer ini hanya menggunakan kabel jenis coaxial, untuk sepanjang node client. Setiap ujung kabel coaxial, diberikan T (terminator), sebagai kabel end-to-end. Adapun agar node (komputer) terhubung ke kabel adalah dengan perantara konektor BNC (Bayonet Neil-Concelman).

Kelebihan topologi bus

  • Mudah diaplikasikan karena kesederhanaan desain
  • Penambahan server/client tidak akan memutus keseluruhan jaringan
  • Penggunaan kabel lebih hemat, karena hanya butuh satu kabel utama

Kekurangan topologi bus

  • Ketergantungan pada kabel utama. Jika kabel utama mengalami masalah, maka akan rentan terjadi penularan masalah
  • Sering terjadi collision (tabrakan) data.
  • Jumlah komputer yang terhubung akan mempengaruhi kekuatan sinyal

Topologi Ring

Topologi ring

Berbentuk melingkar dan menyerupai cincin. Berkomunikasi melalui data token untuk mengontrol hak akses komputer. Cara kerjanya yaitu, komputer 1 akan mengirimkan data menuju komputer 4. Sebelum sampai pada tujuan, data akan terlebih dulu melewati komputer 2 dan 3.

Kelebihan topologi ring

  • Performa dan aliran data yang lebih stabil, bahkan untuk penyaluran data berkapasitas besar
  • Hemat dalam penggunaan kabel

Kekurangan topologi ring

  • Rentan terjadi collision data
  • Masalah pada satu komputer atau kabel, dapat berimbas pada keseluruhan jaringan
  • Performa dan kekuatan sinyal dipengaruhi oleh banyaknya node.

Topologi Star

Topologi star

Star adalah topologi jaringan komputer yang paling umum kita jumpai. Semua perangkat saling terhubung dengan hub/switch sebagai konsentrator.

Kelebihan topologi star

  • Perubahan stasiun atau penambahan komputer tidak akan menggangu jaringan
  • Teknisi lebih mudah untuk troubleshooting

Kekurangan topologi star

  • Jika komputer utama terganggu maka akan berimbas pada seluruh jaringan
  • Sangat bergantung pada terminal pusat
  • Menggunakan banyak kabel
  • Rentan terjadi collision data

Topologi Mesh

Topologi mesh

Desain topologi ini memungkinkan segala komputer saling terhubung dalam susunan acak maupun teratur. Proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa harus melewati komputer lain.

Kelebihan topologi mesh

  • Kapasitas bandwidth yang besar
  • Minim terjadi Collision data, karena banyaknya jalur
  • Proses pengiriman data lebih cepat
  • Gangguan pada salah satu komputer atau koneksi tidak akan berpengaruh ada koneksi yang lain

Kekurangan topologi mesh

  • Membutuhkan banyak kabel dan port I/O (Input/Output)
  • Installasi yang rumit

Topologi Tree

Topologi tree

Berbentuk pohon dan merupakan kombinasi antara star dan bus. Setiap topologi star akan terhubung pada topologi star lainnya menggunakan topologi bus. Jaringan yang berada di atas, dapat memiliki kontrol atas jaringan yang berada di bawahnya.

Kelebihan topologi tree

  • Manajemen data yang lebih baik, karena susunannya yang hirarki
  • Pengembangan topologi yang tidak terlalu rumit

Kekurangan topologi tree

  • Lamban dalam melakukan komunikasi data
  • Rentan terhadap collision data
  • Kerusakan pada jaringan atas akan berdampak pada jaringan di bawahnya, atau efek domino
  • Boros penggunaan kabel

Topologi Hybird

Topologi hybird

Menggabungkan minimal 3 topologi sekaligus, dan bertujuan untuk memaksimalkan masing topologi-topologi yang menjadi satu desain.

Kelebihan topologi hybird

  • Memudahkan proses penambahan koneksi
  • Kecepatan komunikasi data yang stabil
  • Gangguan pada salah satu koneksi jaringan, tidak akan berdampak pada seluruh jaringan

Kekurangan topologi hybird

  • Installasi yang rumit
  • Boros dalam penggunaan kabel

Kesimpulan

Belajar mengenal jaringan komputer adalah kewajiban bagi para teknisi komputer. Artikel membahas dasar-dasar jaringan komputer seperti pengertian, aspek, jenisnya, perangkat, dan topologi. Perlu diketahui ada 5 aspek penting dalam jaringan komputer, salah satunya yakni network application. 

Jenis jaringan komputer berbeda-beda berdasarkan klarifikasinya. Berdasarkan cakupan geografi, jaringan komputer ada LAN, MAN, WAN, dan Internet.

sumber : di bawah

Tanenbueum, Andrew. 1994. Computer Network. USA :Pearson Inc

study.com/academy, arsip lautan-it.

 

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *