Belajar PHP Kode Dasar Untuk Pemula Tahap 1

  • 4 min read
  • Jun 04, 2020
PHP Konten Pemula
Hosting Unlimited Indonesia

PHP memiliki dua kepanjangan, yakni Personal Homa Page tools, dan Hypertext Preprocessor. Kepanjangan terakhir adalah kepanjangan resmi bahasa PHP saat ini. Cikal bakal bahasa pemrograman ini berawal dari induk bahasa pemrograman modren yakni C. Otak dibalik modifikasi bahasa C sehingga menjadi PHP ialah Rasmus Lerdorf.

Pada mulanya, skrip yang dirancang oleh Lerdorf ini hanyalah untuk melihat jumlah pengunjung yang masuk kedalam website-nya. Namun, ide Lerdorf tidaklah terbatas pada hal tersebut. Ia menambahkan fitur lain seperti penanganan form HTML (Hypertext Markup Language) dan integrasi dengan database.

Perkembangan bahasa ini pun sangat kentara. Banyak programmer lebih mudah membuat website dengan fungsi-fungsi seperti CMS (Content Management Service), dengan OOP (Object Oriented Programming) PHP. Sebut saja seperti framework Code Igniter atau Laravel.

PHP juga server side programming, yang paling populer saat ini. Hampir 78% web server di seluruh dunia menggunakan PHP sebagai bahasa pengantarnya. Python yang katanya orang mulai banyak digunakan, dari survei  w3techs.com memperoleh nilai 1.4%. Masih kalah dengan ASP.NET yakni 10.3%.

So, mempelajari PHP adalah hal wajib bagi kamu yang ingin mendalami atau berkeinginan jadi web programmer.

Pelajari dasar dasar PHP untuk pemula di sini.

Pengertian PHP

Dari buku panduan yang admin gunakan, dan pas buat kita para pemula, PHP adalah bahasa pemrograman yang menghasilkan kode HTML (Hypertext Markup Language). Bahasa untuk pemrosesan form, akses database, management session, cookie, membaca file teks, file upload, pdf, excel, dan lain-lain. PHP termasuk kedalam jenis server side programming. Bahasa program yang digunakan untuk keperluan server.

PHP adalah bahasa program bersifat open source dan dapat di download di situs resminya.

Saat ini PHP telah memiliki 7 versi. PHP sendiri memiliki maskot berupa seekor gajah dalam logo mereka. Perancangan dari desain logo PHP adalah Vincent Pontier. Ya, kamu bisa tau sendiri mengapa gajah jadi logo PHP darinya.

Atau menunggu kami mengulasnya, juga tidak apa-apa.

Alat-alat yang diperlukan untuk belajar PHP

Karena PHP merupakan server-side programming, kita perlu aplikasi server untuk menjalankan kodenya. Berbeda dengan 3 bahasa yang kita pelajari di lautanit.com sebelumnya. Aplikasi server yang kita gunakan adalah XAMPP (X (For All Operating System)Apache, MySQL, PHP, Perl).

Sebenarnya XAMPP adalah paket installasi dari web server, MySQL, dan PHP menjadi satu. Dengan sekali install, maka kita tidak perlu lagi menginstall satu persatu komponen untuk menjalankan PHP. Selain XAMPP, web browser, dan text editor adalah hal yang wajib.

Berikut adalah cara-cara untuk menginstall XAMPP

Tutorial menginstall XAMPP

  • Download XAMPP. Kamu dapat mendownload-nya situs resmi apache atau tempat download lainnya.
  • Klik kanan, pada driver XAMPP yang telah didownload, jalankan sebagai admin
Driver XAMPP
  • Setelahnya, akan muncul pop up question. Menanyakan, apakah kamu akan tetap melakukan installasi meskipun antivirus yang kamu punya sedang aktif ?, karena hal itu dapat memperlambat proses.
Pop up question
  • Setelahnya, pop up warning berhubungan dengan UAC (User Account Control) akan muncul. Admin memilih untuk mengabaikannya dengan kata lain tidak mengaktifkan UAC dengan msconfig setelah installasi.
Pop up warning
  • Klik next. Kemudian pililah komponen-komponen apa saja yang diinginkan dalam layanan XAMPP
Pemilihan komponen
  • Pilih lokasi penyimpanan. Selanjutnya tinggal next-next saja. Hingga pada jendela setup. Tunggu hingga selesai
Proses setup
  • Untuk menjalankan, buka XAMPP Control Panel, klik start pada Apache, MySQL, atau layanan yang dibutuhkan.
XAMPP control panel

Ketika menginstall XAMPP tadi, maka di disk C akan terdapat folder XAMPP. Ada 1 folder penting yang harus kamu ketahui. folder itu adalah htdocs, di dalam XAMPP. Folder yang digunakan untuk meletakkan berkas berkas program yang akan dijalankan.

Aturan penulisan bahasa PHP

Dalam menuliskan PHP, diperlukan sebuah tag. Terdapat 4 jenis tag untuk menuliskan kode PHP. Ketiga kode tersebut adalah Standar PHP tag, Short PHP tag, ASP Style tag, HTML script tag. Untuk kita pemula disarankan untuk memakai format standar

Tag yang digunakan

Berikut keempat cara menuliskan kode PHP dengan 4 tag di atas;

Standar PHP tag

Short PHP tag

ASP Style tag

HTML Script tag

Perintah echo

Perintah echo dalam PHP digunakan untuk mencetak teks dan ditampilkan. Cara menuliskan perintah echo, terdapat pada 4 skrip di atas. Kita juga dapat mengganti perintah echo dengan print. Menjadi seperti ini

Statement adalah sebuah perintah untuk PHP melakukan sesuatu. Dapat berupa perintah echo atau logika percabangan dan perulangan. Penulisan statement diakhiri dengan tanda semicolon ; .

PHP adalah bahasa pemrograman bersifat case insensitive. Tetapi dengan pemberian nama suatu variabel. Case insensitive adalah tidak membedakan penulisan huruf besar dan kecil.

Terdapat 2 cara penulisan komentar di PHP yang umum. Yakni dengan gaya komentar C++ dan C.

Contoh di bawah ini;

C++ Style 

Penulisan komentar gaya ini hanya berlaku untuk satu baris saja.

C Style

Dengan gaya ini, kamu bisa menuliskan komentar yang melebihi satu baris.

Cara menjalankan PHP

Untuk menjalankan file PHP, maka terlebih dahulu untuk masuk pada XAMPP Control Panel. Aktifkan Apache dan tunggu hingga berwarna hijau. Seperti gambar sebelumnya.

Ketikan kode PHP sederhana pada text editor yang kamu punya. Lihat pada gambar di bawah ini

Cara menuliskan PHP

Admin menyimpannya pada folder htdocs >> XAMPP dengan ekstenasi PHP bernama Percobaan. Kamu juga dapat menaruh file yang dibuat di dalam folder lagi, asalkan folder tersebut berada dalam folder htdocs

Untuk melihat hasilnya, ketikkan pada address bar url web browser, localhost/namafile.

Hasil percobaan PHP

Kesimpulan

PHP adalah Hypertext Preprocessor.Bahasa untuk pemrosesan form, akses database, management session, cookie, membaca file teks, file upload, pdf, excel, dan lain-lain. PHP termasuk ke dalam jenis server side programming. Bahasa program yang digunakan untuk keperluan server. Terdapat 3 tag dalam menuliskan PHP, dengan tag paling banyak digunakan adalah tag standar PHP. Komentar yang paling efektif untuk digunakan adalah model C. Untuk pemula, belajar hal dasar seperti ini belumlah sulit.

sumber : di bawah

Pratama, Andre. 2016. PHP Uncover Panduan Belajar PHP untuk Pemula.Padang Panjang : www.duniailkom.com.

petanikode.com, w3schools.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *