Install Google Family Link For Children, Untuk Awasi Anak

  • 3 min read
  • Jun 02, 2020
Install Mobile Parenting
Hosting Unlimited Indonesia

Mobile Parenting, adalah sistem yang dapat dikendalikan dan diorganisir oleh orang tua, untuk memantau aktivitas anak dalam penggunaan gadget. Konsep ini dijalankan dengan smartphone, atau tablet. Namun, faktanya hanya sedikit orang tua yang mengatakan bahwa mengasuh anak akan lebih mudah dengan gadget. Padahal cukup dengan install sebuah aplikasi saja.

Dari survei yang dilakukan oleh Center on Media and Human Development School of Communication Northwestern University, hampir tujuh dari 10 orang tua memiliki smartphone di rumah. 40% lainnya mengatakan bahwa mereka punya tablet. 70% tidak berpikir bahwa gadget dapat digunakan untuk mengawasi anak lebih mudah.

Mungkin saja, kebanyakan dari kita masih berpikir bahwa mengasuh anak tidak perlu sampai memata-matai penggunaan gadget anak.

Tapi, taukah kamu, bahwa anak-anak sering kali tidak punya atau minim kontrol atas penggunaan gadget. Anak-anak dengan bebas melakukan bullying, terhadap teman-temannya di media sosial. Menonton tayangan porno. Bermain game tanpa kenal waktu. Menggunakan smartphone berlebihan hingga tidak tidur dan lain-lain.

Hal-hal semacam itu, dapat merusak kematangan berpikir anak. Anak-anak akan menjadikan tontonannya sebagai panduan dalam mengarungi hidup. Seperti bullyinghate speech, toxic itu adalah hal yang gaul dan wajar bagi mereka. Tentu kamu tidak mau anak-anak kamu terbiasa mengucapkan anjing, alat kelamin, dalam pergaulan mereka.

Google, mesin pencarian informasi terbesar di dunia telah menyediakan aplikasi untuk mengatasi pengawasan anak. Aplikasi tersebut bernama Google Family Link For Children & teens.

Install Google Family
Google Family Link (sumber : playstore)

Aplikasi ini akan memberikan aturan aturan penggunaan gadget pada anak. Dengan meng-install aplikasi ini, orang tua  dapat mengarahkan anak pada konten-konten yang bermutu.

  • Melihat aktivitas aplikasi yang anak gunakan. Berbentuk dalam laporan, bisa harian, mingguan atau bulanan.
  • Mengelola aplikasi anak. Untuk dapat menggunduh aplikasi, anak harus mendapatkan persetujuan orang tua terlebih dahulu. Bahkan orang tua juga dapat memblokir aplikasi tersebut. Orang tua juga dapat mengelola pembelian dalam aplikasi, dan menyembunyikan aplikasi tertentu.
  • Memberikan saran aplikasi terbaik buat anak.

Mengawasi  screen time smartphone anak

  • Orang tua dapat memberikan jumlah waktu layar yang tepat. Bisa menetapkan batas waktu penggunaan dan waktu tidur anak.
  • Mengunci perangkat mereka.

Memantau keberadaan anak

  • Bisa memantau keberadaan di mana anak.

Informasi penting lainnya, dapat kamu dapatkan di keterangan Google Family Link For Children & teens.

  1. Buat akun Google untuk anak, jika mereka belum punya
  2. Install aplikasi Google Family Link For Children & teens di hp anak.
  3. Install aplikasi Google Family Link For Parents, di hp kamu
  4. Buka aplikasi Google untuk orang tua, dan pilih akun yang digunakan.
  5. Plilih akun Google anak yang ingin dihubungkan. Pilih selanjutnya, dan orang tua akan mendapat link kode.
  6. Atur di smartphone anak dengan membuka aplikasi Google untuk anak tadi, lalu klik opsi perangkat
  7. Pilih akun Google anak, masukan link kode tadi pada hp anak
  8. Kamu sebagai orang tua atau pengawas, setujui kaitan itu.
  9. Orang tua akan diberikan keputusan tentang pemberian akses aplikasi pada smartphone anak.

Komentar terhadap Google Family Link, ya pasti ada yang bilang bagus dan jelek. Yang bagus mungkin didominasi oleh orang tua, dan yang jelek, banyak dari anak-anak yang diawasi. Mungkin kamu dapat membaca komentar anak-anak +62 tentang aplikasi ini dari media sosial Facebook. Admin mendapatkannya dari Taufik Hidayat

Kesimpulan

Mobile parenting adalah jawaban tepat bagi orang tua mengawasi anak-anak terutama disaat era teknologi yang semakin kencang. Anak-anak sering kali menggunakan gadget untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Dan bahkan dapat merusak kesehatan mental mereka. Google, perusahaan yang sekarang di pimpin oleh Sundar Pichai membuat aplikasi mobile parenting canggih.

Terintegrasi dengan sistem android, berupa aplikasi yang bernama Google Family Link. Untuk orang tua sebagai pengawas, bernama Google Family Link For Parents, dan Google Family Link For Children untuk anak yang diawasi. Segera install sekarang juga

sumber : di bawah

Center on Media and Human Development School Of Communicatio Northwestern University, 2014, Revised Parenting in the Age of Digital Technology A National Survey, Nortwesteren University.

review.bukalapak.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *