Review Jurusan Sistem Informasi, Apa Yang Dipelajari ?

  • 5 min read
  • May 31, 2020
Review
Hosting Unlimited Indonesia

Review jurusan Sistem Informasi, berasal dari hasil adopsi Indonesia dalam memahami kurikulum pendidikan bidang komputer standar dunia. Kurikulum tersebut dikeluarkan oleh ACM (Association for Computing Machinery), AIS (Association for Information System) dan IEEE-CS (Institute of Electrical and Electronics Engineers – Computer Society). Badan yang mengatur proses adopsi kurikulum tersebut adalah APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia).

Dari data kominfo, sudah tercatat 850 Kampus Informatika dan Komputer dan 1560 Program Studi yang menjadi anggota.

Adapun kurikulum yang menjadi acuan bernama Computing Curricula 2001 dan 2005.

Computing Curricula mengatur panduan penyelenggaran, penamaan mata kuliah beserta bobot dan kurikulmnya pada 5 jurusan. 5 jurusan tersebut adalah Computer Engineering, Computer Science, Information Systems, Information Technology, Software Engineering. Seperti yang sudah dikatakan di awal, Indonesia hanya mengadopsi kurikulum ini. Hasilnya hanya 3 jurusan yang tersisa, yakni Computer Engineering, Computer Science, dan Information Systems.

Yang menjadi pokok pembahasan kita adalah information systems (Sistem Informasi). FYI, admin-admin lautanit.com sendiri merupakan mahasiswa Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan.

So kamu akan dapatkan gambaran seperti apa itu jurusan Sistem Informasi langsung dari mahasiswanya.

Review nya pasti beda dan berbobot.

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi?

Untuk dapat memahami apa itu Sistem Informasi, mari kita lihat terlebih dahulu penjelasan orang-orang yang lebih ahli. Nanti di bagian akhir yakni kesimpulan review, admin akan berikan tambahan penjelasan arti Sistem Informasi.

UI (Universitas Indonesia), menjelaskan bahwa sistem informasi adalah jurusan untuk riset cara pengembangan, pemanfaatan, serta pengelolaan suatu sistem informasi atau teknologi informasi yang kemudian disinergi kan dalam organisasi. Pelajaran seperti fondasi, administrasi, prinsip manajemen bisnis, tata kelola TI dan keuangan, sistem perusahaan, arsitektur dan pemrograman aplikasi menjadi lingkupnya.

Definisi hampir sama juga diberikan oleh STIKOM (Sekolah Tinggi Institut Teknologi dan Bisnis) Bali. Jurusan Sistem Informasi adalah jurusan yang memnbentuk individu dan tim yang mampu melakukan analisis, merancang, serta mengoperasikan informasi. Terlebih pengelolaan informasi untuk bisnis/riset. Dan kompetisi dasar yang dimiliki adalah analisa program, pemrograman, dan jaringan informasi.

Andre Pratama, pendiri dari duniailkom.com, menjelaskan bahwa Sistem Informasi adalah jurusan yang menggabungkan konsep komputer dengan bisnis dan manajemen. Orang orang yang berkecimpung dalam jurusan ini akan menjadi jembatan kebutuhan bisnis dengan aplikasi.

Bagaimana definisi jurusan ini dari kampus teknologi terbaik Indonesia ? ITB (Institut Teknologi Bandung).

Nama jurusan ini Sistem Informasi di ITB berbeda, terdapat tambahan kata teknologi. Nama jurusannya adalah Sistem dan Teknologi Informasi. Dari laman resmi itb.ac.id tentang jurusan ini, hampir sama defenisi jurusan Sistem Informasi sebelumnya. Dapat dikatakan, ini adalah Sistem Informasi dengan nama yang beda saja.

Jurusan tersebut mencakup 2 area utama, yakni;

  1. Perencanaan, pengembangan, dan evaluasi atas sistem yang menjadi solusi untuk persoalan pengelolaan informasi bagi organisasi
  2. Perencanaan, pengembangan, dan evaluasi atas teknologi informasi yang digunakan bagi kepentingan sistem informasi organisasi.

Setelah membaca definisi jurusan ini dari para ahli, admin akan berikan tambahan penjelasan.

Perbedaan Sistem Informasi dengan jurusan komputer lain

Pengertian-pengertian di atas, dapat memberikan gambaran kepada kita betapa bedanya Sistem Informasi dengan jurusan komputer lain. Ya, beda dengan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, dan Teknik Komputer/Sistem Komputer.

Jelasin lagi dong min…Tenang tenang admin akan jelaskan. Ini hasil review perbedaanya

Ilmu Komputer adalah jurusan yang mengarah pada riset sains komputer. Belajar tentang algoritma, konsep aplikasi, teori jaringan, dan lain-lain. Orang-orang banyak mengatakan bahwa jurusan ini adalah jurusan para pemikir konsep algoritma. Berpikir tentang bagaimana komputer berjalan.

Teknik Informatika, adalah jurusan yang mengarah pada implementasi konsep data, jaringan, dan sistem. Materi-materinya memiliki banyak kesamaan dengan ilmu komputer. Tetapi di jurusan ini, kamu akan banyak praktik ketimbang nge konsep. Nge konsepnya ada, tapi tidak seribet Ilmu Komputer.

Teknik Komputer/Sistem Komputer, adalah jurusan yang mempelajari cara kerja serta menciptakan sebuah chip dari komputer.

Pertimbangkan hal ini sebelum memilih jurusan Sistem Informasi

Pengalaman admin selama menjadi mahasiswa Sistem Informasi, telah membuka cakrawala admin. Banyak teman-teman admin sesama kuliah yang seperti “tersesat”. Dikarenakan mereka tidak tau seperti apa Sistem Informasi tersebut. Akhirnya banyak teman admin yang merundungi nasib mereka dengan mengatakan “Aku Salah Jurusan“.

Berikut adalah 3 hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memilih jurusan ini.

Banyak belajar bahasa pemrograman

Belajar bahasa pemrograman adalah wajib di jurusan ini. Di sini kamu akan mempelajari algoritma sebelum menuliskannya ke dalam bentuk bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang paling banyak di pelajari di jurusan ini adalah pemrograman untuk android mobile dan website. Beberapa kampus juga menambahkan pemrograman iOS dalam mata kuliah mereka, tetapi jarang.

Berikut adalah bahasa pemrograman yang banyak di pakai

  • C, C++, C#, sebagai pengantar belajar bahasa pemrograman
  • Java, Python untuk pemrograman berbasis objek, android
  • HTML, CSS, JavaScript, PHP, untuk pemrograman web
  • SQL, untuk pemrograman database
  • Visual Basic, Delphi, untuk pemrograman dekstop
  • Python, untuk keperluan data mining

Tenang saja, kamu tidak harus pandai semua bahasa pemrograman. Tetapi paham akan alur proses pemrograman dan mendalami salah satu jenis pemrograman adalah kunci penting.

Kamu juga akan belajar perintah-perintah dari sistem operasi sebagai server, mulai dari buatan Microsoft seperti Windows Server, hingga Linux.

Bukan hanya belajar bikin aplikasi

Jurusan ini tidak hanya sekedar bikin aplikasi/sistem maupun website. Lebih dari itu, jurusan ini juga mengharuskan kamu menelusuri kebutuhan client kemudian mengambarkannya menjadi analisa terstruktur. Kamu harus paham akan alur proses bisnis dari aplikasi yang kamu ciptakan. Terpenuhi atau tidak. Juga paham tentang analisa yang dapat dijadikan dasar pengembangan aplikasi tersebut.

Kamu juga harus membuat aplikasi tersebut terintegrasi dengan para user .

Salah besar jika hanya pilih jurusan ini hanya untuk belajar bisnis

Jika kamu hanya terfokus atau tergiur untuk menguasai bisnis dalam jurusan ini, maka itu adalah kesalahan besar. Kamu akan lebih mudah disetir oleh orang orang di balik layar. Kamu juga harus paham bagaimana suatu sistem diciptakan.

Review Mata kuliah Sistem Informasi

Sebagai gambaran lebih jelas tentang apa saja yang dipelajari di Sistem Informasi. Lihatlah, daftar mata kuliahnya. Ini adalah daftar Mata Kuliah Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan

Tentunya tiap kampus berbeda ya.

FYI, admin lautan, satu adalah mahasiswa SI PSI (Pengembangan Sistem Informasi )dan satu lagi adalah orang SI SBTI (Strategi Bisnis Teknologi Informasi).

Prospek Lulusan Sistem Informasi Jadi Apa ?

Lulusan Sistem Informasi dapat bekerja di segala lini organisasi. Bisa sebagai manajer, konsultan bisnis IT, akademisi, IT profesional layaknya system analyst, programmer, sys admin, security computer admin, auditor, manajer, dan lain-lain. Kamu bisa bekerja di lembaga swasta atau pemerintah.

Bahkan kamu bisa membuat startup sendiri.

Hilangkan pikiran jurusan ini lebih baik ketimbang TI

Banyak dari teman-teman admin yang berpikiran bahwa jurusan ini akan menjadikan kamu sebagai atasan bagi teman-teman kita lulusan Teknik Informatika. Hal ini didasari alasan karena Sistem Informasi punya banyak mata kuliah yang membahas manajemen pemasaran. Punya skill analisa yang lebih uwoow.

Bahkan beberapa dosen di kampus admin, condong mengatakan bahwa lulusan Sistem Informasi itu jadi pengatur jalannya bisnis. Dengan anak buahnya lulusan TI. Mengatakan bahwa anak TI tidak bisa menyamai skill analisis anak SI.

Ini salah besar ya.

Menjadi sarjana Sistem Informasi tidak lantas menjadikan dirimu lebih baik dibanding lulusan TI. Semua balik lagi pada diri masing-masing. Semua tidak mudah di dunia kerja. Kamu tidak bisa menentukan masa depan hanya karena memilih jurusan, tapi kamu bisa memilih pekerjaan di masa depan dengan menekuni bidang yang kamu suka.

Kesimpulan

Sistem informasi adalah jurusan yang menjadi jembatan atau translater antara client dengan IT (Information Technology) dalam membangun suatu sistem. Kemudian, menjalankan prinsip-prinsip manajemen bisnis didalamnya. Bahkan pada praktiknya, lulusan ini tidak sekedar menjadi penghubung, namun juga pengontrol pengelolaan informasi.

Terdapat banyak hal penting yang harus kamu ketahui sebelum jurusan ini. Satu diantaranya, banyak jurusan ini banyak ngodingnya. Hilangkan juga pemikiran bahwa jurusan ini lebih baik dari jurusan Teknik Informatika. Inilah review dari admin.

Review alasan kami, admin, memilih jurusan ini, karena kami sudah mempelajarinya terlebih dulu, dan suka.

sumber : is.uad.ac.id, itb.ac.id, cs.ui.ac.id, cs.ugm.ac.id, STIKOMERS TV, neliti.com, aptika.kominfo.go.id, zenius.net, duniailkom.com.

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *