Cara Efektif Bersihin Semua Virus Komputer

  • 2 min read
  • May 25, 2020
Selain jaga diri dari virus, jangan lupa juga untuk jaga komputer dari virus
Hosting Unlimited Indonesia

Virus, virus, virus komputer. Hal yang akhir-akhir ini mendatangkan kekesalan bagi seluruh negara. Tidak hanya menyerang kesehatan manusia, tapi juga kesehatan gadget manusia. Tentu saja, virus yang menyerang manusia berbeda dengan virus yang menyerang gadget. Meski obyek penyerangan virus berbeda, tetap saja, keduanya sama-sama menganggu. Untuk mengatasi virus yang menyerang kesehatan manusia, kamu bisa konsultasi dengan dokter.

Tapi kalau virus yang menyerang gadget seperti komputer atau laptop, kamu bisa konsultasi sama admin. Admin punya cara jitu untuk bersihin semua virus komputer.

Penasaran bagaimana caranya ?

Pengertian virus

Virus adalah program yang diciptakan oleh programmer untuk merusak sebuah sistem. Menginfeksi berbagai jenis ekstensi file, sehingga file tersebut tidak dapat dibuka. Virus berjalan dengan mendapatkan informasi dari sebuah file. Kemudian informasi tersebut di-rekayasa ulang attribut menjadi hidden.

Lalu virus juga akan berkembang biak pada file yang terpapar. Penularannya, sama dengan virus yang terjadi dalam dunia kesehatan. Setelah terinfeksi oleh virus, maka akan timbul pesan seperti untuk menghapus paksa file itu. Rugi banget, jika itu file yang sangat berguna. Skripsi misalnya.

Ciri-ciri komputer kena virus dan penyebabnya

Ciri-ciri komputer terkena virus, dapat diketahui dari beberapa gejala. 4 diantara banyak gejala adalah ;

  1. Program berjalan tidak normal
  2. Volume disk yang tiba-tiba berubah
  3. File-file banyak yang hilang atau berubah menjadi ekstensi yang berbeda
  4. Sistem menjadi sangat lamban, butuh waktu lebih lama untuk menjalankan program tidak seperti biasanya

Adapun penyebab datangnya virus komputer, terjadi dengan 2 media besar. Yakni fisik dan internet. Contoh penyebab dari media fisik adalah disket, flash disk dan media tambahan lainnya yang sudah bervirus. Internet juga bisa mendatangkan virus. Oleh sebab itu, janganlah sembarangan untuk allow cookies atau script dari website tertentu yang tidak jelas.

Seluk beluk mengenai virus akan admin bahas lebih lengkap pada artikel khusus, selanjutnya.

Cara bersihin virus komputer sampai akarnya

Bukan hanya membersihkan, cara ini dapat kamu gunakan sebagai langkah antisipasi. Admin melakukan percobaan ini pada sistem operasi Windows 10. Admin rasa caranya kurang lebih sama untuk Windows 8 dan 7. Mari kita coba bersama;

  • Persiapkan flash disk, hubungkan dengan komputer atau laptop, serta letakkan di dalam flashdisk tersebut, antivirus-antivirus di bawah ini;

Kaspersky TDSSKiller Anti Rootkit Utility

Malwarebytes Anti-Malware

SUPERAntiSpyware Portable Scanner

HitmanPro 3 Malware Scanner

Antivirus Program(Avast, McAfee, AVG, Smadav, Bitdefender, Panda)

Auslogics Browser Care

  • Restart komputer (jika dalam keadaan hidup), atau lakukan booting. Tekan F8 secara terus menerus sampai Windows Boot Option keluar. Pilihlah Windows Safe Mode.
  • Mulailah bersih-bersih dengan aplikasi-aplikasi yang tadi telah disiapkan.
  • Beralih pada Disk-Clean Up, untuk menghapus system restore. Caranya cukup tekan logo Windows lalu ketik Disk-Clean Up. Pilih drive yang ingin dibersihkan.
Disk Clean Up (sumber : arsip lautan-it)
  • Pilih tab More Options, pada bagian System Restore. Pilih Clean Up di bagian bawah, dan delete.
  • Delete sekalian System Files-nya.
Hapus sistem file (sumber : arsip lautan-it)
  • Repair Windows. Tekan tombol Windows, lalu ketikkan Create a restore point.
Restore Point (sumber : arsip lautan-it)
  • Pastikan drive untuk restore point dalam keadaan on. Klik Create, dan muncul jendela System ProtectionCreate lagi dan tunggu beberapa saat.
Restore point (sumber : arsip lautan-it)
  • Ketika komputer terkena virus, akses kembali jendela System Properties, pilih System Restore, dan restore point. Tekan tombol next dan finish untuk mengakhiri proses.
Akses kembali restore pont (sumber : arsip lautan-it)
  • Restart komputer atau laptop kamu, dan selamat. Perangkat kamu bersih dari virus

Kesimpulan

Virus adalah program yang bersifat merusak aliran data suatu file bahkan sistem. Indikasi paling jelas ketika komputer terkena virus adalah banyaknya file yang rusak. Atau berganti menjadi ekstensi yang berbeda. Ada dua media penyebar virus komputer, yakni berupa fisik seperti perangkat tambahan dan internet. Cara untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan windows safe mode dan restore point. Dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi di atas.

sumber : arsip lautan-it

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *