Microsoft Solitaire, Permainan Jadul Yang Tetap Di Minati

  • 3 min read
  • May 24, 2020
Microsoft Solitaire
Hosting Unlimited Indonesia

Siapa yang dulu pernah minjem komputer ayahnya untuk bermain game ini, hingga lupa waktu ?. Mencoba berpikir keras agar terbentuk tumpukkan kartu yang masing masing setumpuk kartu untuk tiap jenis kartu, dalam urutan naik di mulai dari kartu As dan berakhir dengan kartu King. Jujur pertama kali admin main ini, itu ngasal ya, dan gak bisa-bisa.

Tapi walaupun begitu, admin tetap senang. Gak tau kenapa, ketika menggerakan kartu dengan mouse, admin kecil sedikit demi sedikit mulai terbiasa dengan tampilan Windows. Dan taukah kamu ? tujuan awal pembuatan game ini adalah untuk itu.

Meskipun umur game tersebut telah mencapai 31 tahun, namun Microsoft Solitaire tetap diminati banyak kalangan. Terbukti, hanya dalam waktu 1 bulan, terdapat 35 milliar pemain.

Mengenal Microsoft Solitaire

Microsoft Solitaire (sumber : innov8tiv.com)

Microsoft Solitaire diluncurkan bersamaan dengan Microsoft Windows, adalah jenis permainan kartu, dan juga dikenal dengan nama Klondike. Proses pembuatan game ini berlangsung selama 1 tahun, dan mulai dimasukkan oleh Microsoft pada sistem operasi Windows 3.0. Otak dibalik game ini adalah karyawan magang bernama Wes Cherry.

Kartu dek sendiri dirancang oleh seorang dari Macintosh, Susan Kare. Pada awal mulanya, game ini diciptakan untuk membuat orang-orang terbiasa menggunakan sistem operasi yang ada dengan bantuan mouse. Namun lama lama, malah game ini makin banyak peminatnya.

Cara bermain Microsoft Solitaire

Jujur saja, admin tidak terlalu jago dalam permainan ini. Butuh waktu berjam-jam agar permainan ini berakhir sukses. Admin kecil hanya bermain sekedar untuk memindah-mindahkan kartunya saja. Jika sudah buntu, maka admin akan mengulang.

Setelah tidak lagi memainkannya, admin malah dapat artikel bagus tentang cara memainkan Solitaire, bisa diterapkan ke aplikasinya juga.

Bagaimana ? Oke ini dia cara bermainnya

  • Jika ada kartu As, taruh kartu As di bagian atas dari tujuh tumpukan kartu. Jika kartu As tidak ada, atur ulang tumpukan kartu. Pindahkan kartu-kartu yang terbuka. Jika kamu memindahkan kartu di atas kartu lainnya, maka kartu yang di bawah itu harus berbeda warna dengan kartu di atasnya dengan nilai kartu tersebut satu angka lebih kecil. Begitu terus sampai kamu gak bisa mindahin kartu lagi
  • Kartu teratas pada masing-masing dari seluruh tumpukkan harus terbuka. Ingatlah untuk membuat kartu selalu terbuka, saat akan memindahkan kartu
  • bangun tumpukkan kartu menggunakan kartu As sebagai dasarnya. Jika kartu As berada diatas tumpkan tujuh kartu, pindahkan jenis kartu yang sesuai diatasnya dalam urutan naik
  • Gunakan kartu cadangan jika kehabisan langkah
  • Jika kamu memiliki kartu terbuka tertutup dengan kartu terbuka lain, maka boleh dipindahkan kartu diatasnya ke tempat lain yang dapat menerima kartu itu, sehingga kartu di bawahnnya dapat dipindahkan.
  • Jika kamu memindahkan semua kartu yang ada pada salah satu tumpukan kartu maka boleh memindahkan kartu King di tempat itu. Hanya boleh kartu King saja

Perkembangan Terbaru Microsoft Solitaire

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, game tidak hanya sukses pada tujuan awal namun tujuan yang tidak terencana, bahkan ada yang sial juga. Tahun 2006 misalnya, pekerja New York City dipecat oleh Wali Kota Michael Bloomberg setelah melihatnya bermain Solitaire di komputer kantor. Woww…itulah sebabnya jangan bermain game saat bekerja.

Oktober 2012, bersamaan dengan rilisnya Windows 8, Solitaire juga dirilis dalam bentuk baru yang disebut Microsoft Solitaire Collection. Dirancang oleh Microsoft dan dikembangkan oleh Arkadium, game ini terus hadir dengan memberikan banyak fitur. Fitur-fitur tersebut adalah lima mode permainan baru, daily challenges, competitive events, Xbox Live integration, dan pilihan kesulitan.

Bahkan ada turnamen tersendiri untuk game ini di Microsoft Campus dan disiarkan di Twicth, tepatnya pada tanggal 18 Mei 2015. Bahkan dari sumber berita yang admin dapatkan, tahun 2019, game ini dilantik sebagai World Video Game Hall of Fame.

Game telah tersedia dalam 65 bahasa, dan dimainkan di lebih dari 200 pasar dunia. Aplikasi ini juga tetap hadir menjadi bagian dari Windows terakhir Microsoft, Windows 10 tahun 2015. Game ini hadir pada sistem operasi lain seperti di iOS dan Android (handphone). Serta ada pula yang berbentuk web.

Microsoft menyebutkan bahwa dalam sebulan terdapat 35 milliar orang yang memainkan game ini, dan 100 juta orang memainkan game ini setiap hari.

Kesimpulan

Microsoft Solitaire adalah permainan kartu yang diciptakan oleh karyawan magang Wes Cherry. Tujuan awalnya adalah untuk membiasakan pengguna Windows dengan interface sistem operasi melalui gerakan mouse. Tetapi, game ini sukses besar dan diminati banyak orang. Cara memainkannya cukup simpel, yakni dengan membentuk tumpukkan kartu yang masing masing setumpuk kartu untuk tiap jenis kartu, dalam urutan naik di mulai dari kartu As dan berakhir dengan kartu King.

sumber : theverge.com, id.wikihow.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *