Masker Berteknologi Tinggi Untuk Lawan Pandemi Covid-19

  • 3 min read
  • May 24, 2020
LAWAN COVID-19 DENGAN DI RUMAH AJA
Hosting Unlimited Indonesia

Pandemi Covid-19 dari hari ke hari semakin membuat sengsara banyak orang. Perubahan gaya hidup berubah drastis menjadi serba waspada. Covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan, namun juga sektor-sektor lain seperti ekonomi. Berbagai macam peraturan mulai diterapkan untuk penanganan kasus Covid-19 ini.

Indonesia misalnya, menerapkan aturan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan mewajibkan masyarakatnya untuk memakai APD (Alat Pelindung Diri) standar yakni masker jika bepergian dan bekerja.

Pada masa awal penyebaran virus, terdapat sejumlah oknum yang menimbun masker untuk dijual dengan harga yang tidak masuk akal. Memasuki bulan April dan Mei, harga masker mulai kembali normal. Hal ini disebabkan produksi masker kain yang lebih mudah didapatkan. Dan tentu saja ini jawaban azab ketidakmanusiaan pebisnis masker yang tidak punya akhlak.

Ya, sudah ditimbun banyak-banyak, dijual kagak laku lagi, jadinya rugi. Tapi, taukah kamu ? sebenarnya masker dapat ditambahkan unsur teknologi didalamnya. Seperti apa bentuknya ? mari kita bedah satu per satu.

Ayo pakai maskermu, lawan pandemi ini!

Terdengar kabar angin bahwa pemerintah Indonesia akan memulai program New Normal. Hal itu dihubungkan dengan dilaksanakan-nya secara perlahan pembukaan transportasi kembali. Terlepas dari kebenaran pemerintah kita tentang New Normal, kita haruslah tetap mentaati PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), bukan hanya untuk kita namun juga untuk kepentingan bersama.

Dari data Covid-19 di Indonesia, update terakhir 24 Mei 2020, 17:04, terdapat 22,271 kasus Covid-19. Penyebab kenaikan yang begitu drastis ini tidak lain karena banyak masyarakat kita yang melanggar dengan mulai berkerumun di mall atau tempat-tempat lainnya serta tidak memakai masker

Pelanggar PSBB akan memakai rompi pelangar PSBB (sumber : tertera)

Untuk itu marilah kita untuk selalu menjalankan prinsip physical disctancing. Berikut adalah tata cara penggunaan masker..

Arsip media KKN ekuivalen UAD

Contoh masker berteknologi tinggi

Berikut adalah 7 inovasi canggih masker untuk hadapi virus Corona;

Masker pendeteksi pasien Covid-19

 

Penemu Masker Jengkar
Masker jengkar (sumber: tribun).

Diciptakan oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Jendral Soedirman Purwokerto bernama Bangun Wijayanto.. Ia menjelaskan bahwa masker tersebut memiliki 2 lampu indikator. Warna ketiga lampu tersebut adalah merah, kuning, dan hijau. Warna lampu ini seperti mengikuti makna warna pada lampu lalu lintas.

Merah menandakan “berhenti” atau ketika melewati wilayah pasien Covid-19. Kuning untuk “hati-hati” ketika melewati wilayah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Tidak hanya itu, masker ini juga dapat melakukan tracing apabila penggunanya terpapar Covid-19.

Desain dari masker ini seperti topeng Iron Man. Bangun sendiri menamakannya “Jengkar” yang artinya pergi. Bekerja dengan sistem IoT, dengan data relevan dengan website pemkab setempat sang pemakai. 

Masker dengan HEPA Filter

Masker HEPA filter.

HEPA (High Efficiency Particulate Arrestance) adalah komponen teknologi canggih yang pada unit masker Atmoblue. Berfungsi untuk menyaring udara dari lingkungan agar menjadi bersih. Kemudian udaranya yang berhasil disaring masuk kedalam area dalam masker. Adanya sistem HVAC, proses filter terjadi sebanyak 3 tahap.

Tahap-tahap itu adalah prefilter, medium filter, dan terakhir HEPA filter. Didesain oleh Leandro Rolon dengan bentuk proporsional dan mencegah kondisi lembab sekitar wajah. Inovasi baru ini telah disertifikasi sesuai standar Institute of Enviromental Sciences and Technology.

Masker LED

Masker LED matrix
Masker LED matrix (sumber : mashable)

Temuan terbaru ini mampu menampilkan segala jenis pesan termasuk karakter lucu serta efek dari musik atau suara kamu dalam bentuk equalizer. Pesan dapat diatur pada aplikasi handphone yang terhubung pada masker. Panel LED (Light Emitting Diode), dijahit ke dalam masker kain.

Pada umumnya sama seperti masker kain biasa, namun bisa digunakan untuk orang-orang anti mainstream. 60% hasil penjualan masker, disumbangkan ke dana respon solidaritas organisasi Covid-19 WHO (World Health Organization).

Masker transparan

Masker transparan (sumber : juiceonline.com)
Masker transparan (sumber : juiceonline.com)

Sepasang suami istri di Sulawesi membuat inovasi baru dari pembuatan masker kain. Mereka membuat plastik transparan tepat dibagian mulut. Tujuannya untuk membantu komunitas tuna rungu selama pandemi.

Sejak pandemi dimulai, semua orang mengenakan masker wajah. Untuk orang tuli, kami tidak dapat memahami apa yang dikatakan orang lain karena kami tidak dapat membaca bibir mereka.

Faizah Baharudin, pencipta

Untuk tiap masker transparan ini ditarif 10.000 rupiah.

Masker 3D Nuo

Masker Nuo 3D (sumber : mashable.com)
Masker Nuo 3D (sumber : mashable.com)

Terdiri dari 2 bagian, cangka berbentuk 3D dan filter. Pelindung 3D menggunakan printer khusus untuk keperluan industri dan plolyamide berkualitas. Bahan standarnya adalah bahan standar untuk masker N95. Dapat menyaring 95% dari 0,3 mikron partikel. Inovasi masker ini dibuat menyesuaikan bentuk wajah, dan sebab itulah masker ini nyaman digunakan.

Masker avtipus remote control

Masker remote control (sumber : mashable.com)
Masker remote control (sumber : mashable.com)

Mungkin dari semua masker yang telah dibahas, masker inilah satu-satunya masker yang merepotkan. Tujuanya adalah untuk memudahkan kamu tetap menggunakan masker tetapi juga bisa makan. Cara kerjanya cukup dengan menekan tuas yang ada, lalu masker akan terbuka. Jadi kamu gak perlu lagi membuka masker saat makanan masuk kemulut. 

Masker dibuka secara mekanik dengan tangan jarah jauh atau otomatis ketika garpu menuju masker

Asaf Gitelis, Vice President of Avtipus Patens and Inventions (pencipta)

Bagaimana tangapan kamu ?

Masker silikon reusable

Masker silikon reusable (sumber : google image)
Masker silikon reusable (sumber : google image)

Dibuat oleh perusahaan aksesoris dapur, bernama GIR, masker ini memiliki perforasi di luar sehingga memudahkan pernapasan. Untuk keamanan, terdapat filter udara. Setiap mask kit dilengkapi dengan 5 pergantian filter tambahan. Silikon yang digunakan telah diteliti oleh Food and Drug Administration Amerika Serikat dan European Union’s Foods, Consumer Goods, and Feedstuffs Code.

Kesimpulan

Kreativitas dalam pembuatan masker untuk melindungi dan membuat nyaman masyarakat selama pandemi, patut diapresiasi. Adapun kita dapat memiliki masker sesuai dengan kebutuhan kita sendiri. Secanggih apapun sebuah masker, tapi jika tidak sesuai kebutuhan maka itu tidaklah bagus. Masker-masker di atas dapat menjadi referensi kamu dalam memilih masker. Atau bisa saja, kamu menjadi tertarik membuat masker dengan teknologi yang lebih canggih lagi.

sumber : sea.mashable.com, reuters.com, juiceonline.com, koran-jakarta.com, regional.kompas.com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

4 thoughts on “Masker Berteknologi Tinggi Untuk Lawan Pandemi Covid-19

  1. Hello, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering
    if you get a lot of spam feedback? If so how
    do you protect against it, any plugin or anything you can advise?
    I get so much lately it’s driving me insane so any assistance is very much appreciated.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *