Sejarah Komputer Lengkap! Baca di sini

  • 7 min read
  • May 22, 2020
Sejarah Komputer
Hosting Unlimited Indonesia

Komputer, alat yang saat ini selalu kita jumpai pada fasiiltas-fasilitas umum, seperti di bandara, stasiun, rumah sakit, kantor, universitas, dan lain-lain. Komputer menjadi bagian dari proses administrasi perkantoran yang tidak boleh dipisahkan. Menjadi penunjang kinerja seseorang dalam menjalankan tugasnya. Banyak pekerjaan yang dapat diwakilkan dengan komputer, dikarenakan evolusi-evolusi komponen komputer sehingga membuat komputer lebih canggih dari masa ke masa.

Namun, tidak banyak orang tau bagaimana sejarah komputer saat peredaran awal hingga sekarang. Pelajaran tentang sejarah komputer, banyak diulas ketika mempelajari TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) ketika SMP, atau di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), dan pasti banyak yang lupa.

Berikut Sejarah Komputer Lengkap.

Pengertian komputer

Sebelum mengetahui sejarahnya, ada baiknya kita mengenal apa itu komputer. Berasal dari bahasa latin “Computare” yang berarti Menghitung atau Mesin Hitung.

Dari arti kata itulah banyak pakar-pakar terdahulu yang mengartikan bahwa komputer adalah alat hitung elektronik berkecepatan tinggi. Kita ambil definisi komputer dari Wiiliam M. Fouri, dalam buku Introduction to The Computer, The Tool of Business, yakni;

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan”

Meskipun pengertian komputer sebagai alat hitung, tapi fungsi dari komputer tidak terbatas pada sekedar menghitung saja.

Komponen komputer

Secara umum, komponen komputer terdiri dari 3 bagian besar, yakni input, storage, output. Artinya komputer memiliki perangkat-perangkat untuk input atau memasukkan data, perangkat untuk menyimpan data tersebut, sekaligus logika atau sistem berpikir mengelola itu, dan juga perangkat untuk mengeluarkan hasil pengolahan data tersebut atau alat output.

Komponen komputer juga dapat diketahui dari tinjauan tingkatan paling atas. Berdasarkan konsep yang dibuat oleh John von Neumann di Institute for Advanced Studies, Princeton, komponen-komponen tingkatan paling atas tersebut dapat digambarkan sebagai berikut;

Komponen komputer tingkatan paling atas

CPU (Central Processing Unit) berada pada unit kontrol. Bertugas dalam penukaran data dengan memori. Terdapat register-register internal yang membantu CPU (Central Processing Unit), yakni MAR (Memory Address Register) untuk penentuan alamat di dalam memori untuk operasi baca dan tulis.

Ada juga MBR (Memory Buffer Register), berisikan data yang akan dituliskan ke dalam memori atau menerima data yang dibaca dari memori

I/O AR (Input/Output Address Register) dan I/O BR (Input/Output Buffer Register) adalah untuk menspesifikasikan perangkat I/O dan pertukaran data antara modul I/O dengan CPU (Central Processing Unit).

Fungsi komputer

Secara umum fungsi komputer adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam melakukan beberapa hal, termasuk di dalamnya eksekusi akhir program.

Berikut adalah tabel perbandingan kemampuan manusia dan komputer.

Aspek perbandingan Manusia Komputer
Kecepatan Rata-rata lambat Sangat cepat
Ketepatan Mudah salah Tepat
Daya tahan memproses Cepat lelah Tidak kenal lelah
Kemampuan mengingat Kurang akurat Akurat
Kemampuan mengikuti perintah Kurang baik Baik
Kemampuan inisiatif dan adaptasi Sangat baik Jelek
Kemampuan membuat pertimbangan Sangat baik Jelek
Tabel perbandingan kemampuan manusia dan komputer

Sejarah komputer, gambar, dan ciri-cirinya

Sejarah komputer diklarifikasikan berbeda beda tiap defenisi. Ada yang memberikan membagi sejarah komputer menjadi 4 generasi, dan ada juga yang lebih. Tidak ada yang salah dalam pembagian itu, tergantung pedoman yang digunakan.

Pedoman yang admin gunakan adalah buku dari William Stallings, dan Universitas Gunadarma. So, mari kita bahas…

Sejarah komputer generasi pertama

ENIAC Komputer Pertama
ENIAC komputer tabung vakum pertama (sumber : arsip lautan-it)

ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) adalah komputer digital elektronik pertama yang digunakan untuk umum. Awal mula teknologi ini berawal dari gagasan dosen teknik elektro Universitas Pennsylvania, John W Mauchly dan Eckert, mahasiswa pascasarjana, tentang komputer untuk kebutuhan umum menggunakan tabung vakum terintegrasi dengan aplikasi BRL (Ballistic Research Laboratory).

Kegunaan umum yang dimaksud adalah untuk pengendalian rudal atau peluru jarak jauh dalam perang. Sebelum mengiyakan gagasan dari Mauchly dan Eckert, ABRL (Army’s Ballistic Research Laboratory) memperkerjakan lebih dari 200 orang personil. Dan sebagian besar adalah wanita yang ditugaskan untuk menghitung persamaan matematik peluru kendali menggunakan kalkulator desktop.

Ya, wanita memang jago berhitung ya. Bahkan programmer pertama di dunia adalah seorang wanita, bernama Ada Lovelace.

Barulah pada tahun 1943, gagasan ini terima Angkatan Darat, dan pembuatannya dimulai. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) memiliki berat 30 ton, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, 70.000 resistor, volume 15.000 kaki persegi, dan berisi 18.000 tabung vakum. Membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt saat dijalankan.

ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) diselesaikan pada tahun 1946. Tugas pertamanya adalah membentuk sejumlah perhitungan kompleks yang menentukan kelayakan bom hidrogen. Komputer ini bukanlah komputer dengan mesin biner, melainkan mesin desimal. Memorinya terdiri dari 20 akumulator, yang masing-masing akumulator menampung 10 digit bilangan desimal.

Setiap digit digambarkan dengan 10 buah tabung vakum. Namun, pada saat tertentu, hanya sebuah tabung saja yang berada dalam keadaan ON ketika ingin menggambarkan salah satu dari 10 digit.

Cara kerja ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) yang tidak efisien terutama tentang pemasukan dan perubahan program mendorong konsultan di proyek itu, yakni John Von Neumann, membuat konsep baru dalam dunia komputer tahun 1946.

Konsep yang ditawarkan adalah stored-program concept. Program direpresentasikan dalam bentuk yang sesuai dengan penyimpanan dalam memori untuk semua data. Lalu komputer mengambil instruksi nya dengan membaca memori nya. Konsep ini kemudian digunakan untuk komputer jenis baru yakni IAS (Institute for Advanced Studies).

Struktur IAS

Berikut penjelasan gambar di atas;

  • Memori utama, adalah komponen yang menyimpan data dan instruksi
  • ALU (Arithmetic Logical Unit), adalah komponen untuk pengoperasian data biner
  • Control Unit, komponen yang melakukan penerjemahan instruksi di dalam memori, sehinga dapat dipahami dan dijalankan sistem
  • I/O (Input/Output), adalah peralatan yang dikendalikan oleh Control Unit

Memori IAS (Institute for Advanced Studies), terdiri dari 1000 lokasi penyimpanan, yang disebut dengan word. Masing-masing dari word terdiri dari 40 binary digit atau bit. Setiap bilangan direpresentasikan dalam bentuk biner, begitu juga dengan instruksinya.

Tahun berikutnya, yakni tahun 1947, didirikan lah sebuah komputer komersial pertama di dunia. Komputer tersebut bernama UNIVAC (Universal Automatic Computer). Dalang dari komputer ini adalah perusahaan Eckert-Mauchly Computer Corporation. Tujuan utama dari komputer ini sesuai dengan namanya, yakni keperluan umum, seperti ilmu pengetahuan dan komersial.

UNIVAC (Universal Automatic Computer) terus berkembang hingga mencapai tahap 2. UNIVAC II (Universal Automatic Computer II) memiliki kapasitas memori dan kinerja yang lebih baik dari pendahulunya. Perlu diketahui bahwa pemain besar dalam komputer komersial adalah Sperry, dan IBM (International Business Machine). Komputer ini sangat berhasil mengemban tugasnya, terlihat dalam keberhasilannya memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam Pilpres tahun 1955.

IBM (sumber : technologue.id)

Berikut adalah ciri-ciri komputer generasi pertama;

  • Instruksi secara spesifik ditujukan untuk tugas tertentu
  • Ukuran komputer yang sangat besar
  • Menggunakan bahasa mesin
  • Memiliki 2 bagian yakni simpanan luar magnetik tape dan magnetic disk pada penyimpanan silinder magnetik
  • Daya yang diperlukan sangat besar, dan tidak sebanding dengan penyimpanannya
  • Berbasis pada tabung vakum, dan proses sangat lamban

Sejarah komputer generasi kedua

LARC, komputer generasi kedua (sumber : arsip lautan-it)

Komputer generasi kedua, tidak lagi menggunakan tabung vakum. Media yang digunakan berupa transistor. Terbuat dari silikon, desain yang lebih kecil, lebih murah, dan tidak mudah panas, tidak perlu kawat, plat logam, kapsul gelas, dan vakum, adalah sekian banyak kelebihan transistor.

Transistor pertama kali diciptakan pada tahun 1947, di Bell Labs, dan akhir tahun 50-an, komputer transistor telah dapat diperoleh publik. NCR dan RCA adalah perusahaan terdepan yang membuat komputer dengan transistor. Generasi kedua juga ditandai dengan munculnya DEC (Digital Equipment Corporation) tahun 1957.

Komputer pertama dari DEC (Digital Equipment Corporation), adalah PDP 1 (Programmable Data Processor 1). IBM (International Business Machine) juga tidak mau ketinggalan. Mereka juga mendirikan LARC (Livermore Advanced Research Computer), yang saat itu hanya digunakan pada dua institut yakni Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Pengembangan komputer menggunakan transistor berbeda-beda tiap produsen. Kita ambil contoh dari produk IBM (International Business Machine), IBM 7094. Memuat sistem IBR (Instruction Backup Register) untuk buffer instruksi berikutnya.

Konfigurasi IBM 7094

Control Unit mengambil dua word yang berdampingan dari memori untuk pengambilan instruksi. Dan jika terjadi instruksi percabangan maka control unit harus mengakses memori untuk sebuah instruksi pada separuh siklus. Terdapat pula multiplexor yang bertugas untuk menjadwalkan akses ke memori dari CPU dan saluran data.

Berikut adalah ciri-ciri komputer generasi kedua;

  • Ukuran lebih kecil dibandingkan generasi pertama
  • Kebutuhan daya listrik yang jauh lebih hemat
  • Proses operasi jauh lebih cepat dan real time, real sharing
  • Mengenal bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti COBOL dan FORTRAN

Sejarah komputer generasi ketiga

Integrated Circuit komponen komputer generasi 3 (sumber : google image)

Pembuatan transistor sangatlah rumit dan berbiaya mahal. Dibuat secara terpisah, dikemas dalam kemasan tersendiri, lalu disolder, dan dihubungkan pada papan rangkaian berbentuk masonite, lalu kemudian dipasang pada komputer, semua proses rumit tadi adalah pembuatan transistor untuk komputer. Sebab itulah dikembangkan teknologi baru berkonsep mikroelektronik bernama integrated circuit.

Integrated circuit memungkinkan komponen-komponen seperti transistor, resistor, dan konduktor dibuat dalam suatu rangkaian dengan potongan silikon yang sangat kecil.

Konsep integrated circuit (sumber : google image)

Lempeng tipis pada gambar dibagi menjadi matriks kecil, dengan pola rangkaian yang identik dibuat pada masing-masing area. Lempeng kemudian dibagi menjadi chips. Setiap chips atau keping terdiri dari sejumlah gate ditambah sejumlah titik input dan output. Keping dikemas dalam pembungkus dan disediakan jarum untuk penyambungan perangkat di bawah keping.

Pemain besar IBM (International Business Machine) kala itu juga mengembangkan komputer bertenaga baru ini. Salah satunya adalah produk IBM System/360. System 360 merupakan kelompok komputer pertama yang terencana. Kelompok komputer sendiri memiliki beberapa karakteristik yakni, set intruksi yang mirip, sistem operasi yang mirip, kecepatan yang meningkat, jumlah port I/O bertambah, ukuran memori lebih besar, dan harga yang juga meningkat.

Berikut adalah ciri-ciri komputer generasi ketiga

  • Pemrosesan lebih cepat
  • Kapasitas memori yang lebih besar
  • Penggunaan listrik jauh lebih hemat dibanding dua generasi sebelumnya
  • Bentuknya yang lebih kecil
  • Munculnya application software

Sejarah komputer generasi keempat

Komputer Generasi Keempat
Microprocessor komponen komputer generasi 4 (sumber : bagitekno.net)

Penggunaan microprocessor sebagai komponen utama komputer, berawal dari ditemukan nya fungsi ganda bahwa microprocessor mampu membangun memori. Tahun 50 s/d 60-an, sebagian dari memori komputer dibuat dari cincin kecil berbasis feromagnetik, dengan masing masing cincin berdiameter 1/16 inci. Cincin (core) tersebut kemudian di magnetisasi untuk dapat merepresentasikan bilangan satu dan nol.

Tahun 1970, Fairchild membuat memori semikonduktor pertama yang hampir sama dengan core, dan dapat menampung 256 bit memori, tidak mudah rusak dan lebih cepat. Hanya saja harganya saat itu terbilang mahal.

Tahun 1971, terjadi terobosan baru, dan dalangnya kali ini adalah Intel (Integrated Electronic). Mereka membuat processor pertama didunia yakni Intel 4004. 4004 dapat menambahkan dua bilangan 4 bit, namun hanya dapat mengalikan dengan cara pengulangan penambahan. Meskipun begitu, 4004 tetap menjadi pioner terdepan dalam evolusi komputer generasi keempat.

Hingga sekarang microprocessor terus berkembang hingga menghasilkan versi 32 dan 64 bit. Berikut adalah ciri-ciri komputer generasi keempat;

  • Menggunakan LSI (Large Scale Integration)
  • Berbentuk chip
  • Memakan daya listrik lebih kecil dengan kapasitas memori lebih besar

Sejarah komputer generasi kelima

Articial Intelligence Komputer Kelima
Artificial intelligence pelopor komputer gen 5 (sumber : google image)

Komputer ini adalah komputer yang menggunakan kecerdasan buatan sebagai komponen utamanya, memungkinkan untuk input visual, dan belajar dari kesalahan diri sendiri atau inisiatif komputer. Kamu dapat temukan banyak cerita tentang komputer generasi ini pada novel Space Odyssey.

Negara yang paling terkenal dalam sosialisasi AI (Artificial Intelligence), adalah Jepang. Terbukti dengan beberapa karyanya, seperti robot Erika. Bahkan mereka juga sedang mengembangkan AIoT (Artificial Intelligence of Things).

Ciri-ciri utama komputer generasi ini adalah, mampu memiliki inisiatif atau cara berpikir layaknya manusia.

Kesimpulan

Komputer dari generasi-generasi selalu mengalami peningkatan dan penurunan. Peningkatan di alami pada fungsi yang kian kompleks dan penurunan terjadi pada bentuknya yang kian mengecil. Setiap generasi komputer memiliki komponen utamanya masing, seperti tabung vakum pada generasi pertama, transitor generasi kedua, integrated circuit generasi ketiga, microprocessor generasi keempat, dan artificial intelligence generasi kelima

sumber : di bawah

Stallings, William. (1996). Organisasi dan Arsitektur Komputer Perancangan Kinerja. Gurnita, P. 2003. PT INDEKS, Kelompok Gramedia : Jakarta.

Modul Kuliah Pengantar Teknologi Komputer dan Informasi Universitas Gunadarma

arsip lautan-it com

Hosting Unlimited Indonesia
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *